Sebanyak 2.951 Peserta Lolos SBMPTN Itera

Itera/ist
Itera/ist

Sebanyak 2.951 peserta lolos Seleksi Bersama Masuk Peguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Institut Teknologi Sumatera (Itera) dari total 11.123 pendaftar.


Rektor Itera, Prof Mitra Djamal mengatakan peserta yang lolos tersebar di 38 program studi yang ada di Itera. Termasuk tiga prodi baru yakni Prodi Rekayasa Tata Kelola Air Terpadu, Prodi Rekayasa Minyak dan Gas, serta Prodi Rekayasa Instrumentasi dan Automasi.

"Ada lima provinsi teratas asal peserta yang dinyatakan lolos SBMPTN tahun ini, yaitu Provinsi Lampung sebanyak 849 orang (28,76 persen), Sumatera Utara 646 orang (21,89 persen), Jawa Barat 254 orang (8,60 persen), Sumatera Barat 242 orang (8,20 persen), dan Sumatera Selatan 187 orang (6,33 persen)," kata Prof Mitra Djamal, Kamis (23/6). 

Menurutnya, kuota penerimaan mahasiswa baru Itera tahun ini berjumlah sekitar 5.500 mahasiswa baru yang akan diterima melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan jalur mandiri. 

"Khusus untuk jalur SBMPTN, jumlah calon mahasiswa yang diterima sebesar 45 persen dari total mahasiswa baru Itera tahun 2022," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), Eko Satria mengatakan peserta yang dinyatakan lolos SBMPTN diminta untuk melengkapi data isian mahasiswa (DIM) pada laman http://dim.itera.ac.id.

Jadwal pengisian DIM dan verifikasi online dimulai dari 24 Juni, sementara besaran uang kuliah tunggal (UKT) masing-masing mahasiswa akan diumumkan pada 8 Juli, pembayaran UKT dijadwalkan pada 12 – 19 Juli, dan verifikasi berkas fisik 1 – 5 Agustus 2022.

“Data yang diisi harus sebenar-benarnya karena akan menjadi data dan informasi penting selama mahasiswa menjalani perkuliahan di ITERA,” jelasnya. 

Tambahnya, calon mahasiswa yang belum lolos SBMPTN masih memiliki kesempatan untuk mendaftar di Itera melalui jalur Seleksi Mandiri SMMPTN Barat yang dibuka sejak 1 April – 27 Juni, Ujian Seleksi Mandiri Prestasi Khusus (USM-PK) 11 – 19 Juli, dan Ujian Seleksi Khusus Prodi Baru (USK-PB) 11 – 20 Juli. 

"Khusus USK Prodi Baru, calon mahasiswa dapat memilih empat prodi baru Itera yaitu Prodi Rekayasa Tata Kelola Air Terpadu, Prodi Rekayasa Minyak dan Gas, Prodi Rekayasa Instrumentasi dan Automasi, dan Prodi Rekayasa Kosmetik yang merupakan pertama di Indonesia," ujarnya.