Segera Dibangun Masjid Raya, GOR Saburai Dipindah ke PKOR Way Halim

Pemberitahuan rencana pembangunan Masjid Raya di GOR Saburai/ Vera
Pemberitahuan rencana pembangunan Masjid Raya di GOR Saburai/ Vera

Gelanggang Olah Raga (GOR) Saburai dan Taman Gajah (Elephant Park), Enggal Kota Bandar Lampung sebentar lagi akan menjadi Masjid Raya Provinsi Lampung.


Berdasarkan pantauan Kantor Berita RMOLLampung, Selasa (17/5), beberapa pihak terkait dari pemprov sudah memasang spanduk besar di bangunan GOR Saburai.

Spanduk besar itu berisikan desain dan foto Masjid Raya Provinsi Lampung yang identik dengan warna putih serta bertuliskan pengumuman rencana pemindahan GOR Saburai ke PKOR Way Halim.

Kawasan GOR Saburai/ Vera

Bukan itu saja, dalam spanduk besar tersebut tertulis bahwasanya pembangunan masjid direncanakan bisa menampung 10.000 hingga 12.000 jemaah dengan luas sekitar 2,2 hektare.

Masjid Raya Lampung dibangun melalui bantuan dari Bakrie Group, namun untuk nominal bantuan belum diketahui berapa besarannya.

Ramli warga setempat mengatakan, bahwa berdasarkan informasi yang didengarnya memang benar GOR Saburai hingga Taman Gajah akan dibuat Masjid Raya yang termewah di Lampung.

Namun, mendengar hal tersebut ia sebagai warga menyarankan agar keputusan tersebut dipertimbangkan kembali, karena dikhawatirkan bangunan tersebut akan menelan nasib yang sama yakni terbengkalai seperti bangunan lainnya.

"Kalau saya jujur ya itu hal yang baik karena dibangun masjid, tapi coba dipikirkan kembali keputusan itu, disatu sisi disinikan sudah ada masjid yang fungsinya sama-sama tempat untuk beribadah," katanya.

"Lalu di sisi lain GOR Saburai dan Taman Gajah juga sudah sangat pas fungsinya bagi masyarakat jadi kenapa harus merusak hal yang sudah ada. Lagipula, kalau masjid besar kita juga sudah punya Masjid Agung Al-Furqon, kenapa tidak itu saja yang diperbaiki," ujar dia sembari menatap spanduk.

Sebelumnya, Sekdaprov Lampung Fahrizal Darminto mengatakan pembangunan Masjid Raya akan dilaksanakan bersamaan dengan pembangunan Sports Center di kawasan Institut Teknologi Sumatera (Itera). 

"GOR di Itera juga berproses. Jadi pembangunan masjid bukan mangkrak, namun karena terprogram. Seteah selesai koordinasi pasti dibangun," tutup dia.

Perlu diketahui, Taman Gajah resmi dibuka oleh Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo pada Minggu 17 Februari 2019, di Bandar Lampung. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pelepasan balon ke udara.