Segera Dicairkan, BSU Rp600 Ribu Langsung Disalurkan ke Pekerja 

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Wan Abdurrahman/Tuti
Kepala Dinas Tenaga Kerja, Wan Abdurrahman/Tuti

Pemerintah Pusat akan segera menyalurkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) kepada para pekerja sebesar Rp600 ribu. Bantuan tersebut diberikan kepada pekerja yang gajinya di bawah Rp3,5 juta.


Kepala Dinas Tenaga Kerja Bandar Lampung, Wan Abdurrahman mengaku belum mengetahui jumlah pekerja yang akan menerima BSU. Yang pasti pekerja tercatat di BPJS Ketenagakerjaan.

"Saya belum mendapatkan data penerima BSU. Jika tahun lalu sekitar sekitar 60.896 tenaga kerja," kata Wan Abdurrahman, Rabu (7/9). 

Menurutnya, berbeda dari tahun lalu penyaluran BSU akan dilakukan melalui Bank Himbara BNI, Mandiri, Bank BRI, BSI, BTN, dan Pos Indonesia.

"Tahun lalu kan disalurkan melalui BPJS Ketenagakerjaan, kalau sekarang disalurkan melalui bank Himabara langsung ke pekerja," ujarnya. 

Lebih lanjut, kriteria penerimaan BSU yakni Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan kepemilikan Nomor Induk Kepemilikan (NIK), peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan sampai Juli 2022, memiliki gaji atau upah paling banyak Rp3,5 juta.

"Saat ini belum disalurkan, kemungkinan besar penerima BSU tahun sebelumnya juga akan menerima BSU tahun ini selama gajinya belum naik. Kemungkinan juga akan bertambah jumlah penerimanya," jelasnya. 

Diketahui, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah memastikan BSU akan disalurkan pekan ini.