Sekdakab Pesawaran: Pasien Covid-19 Jangan Buang Limbah Infeksius Sembarangan

 Sekdakab Pesawaran Kesuma Dewangsa/ Rama
Sekdakab Pesawaran Kesuma Dewangsa/ Rama

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesawaran mengimbau masyarakat yang telah melakukan isolasi mandiri karena terpapar Covid-19, tidak membuang limbah infeksius secara sembarang.


Hal itu disampaikan Sekdakab Kesuma Dewangsa, melalui sambungan telepon seluler, usai mengadakan rapat dengan Satgas Covid-19 BNPB Pesawaran, Rabu (30/6).

“Hari ini saya meeting dengan Satgas Covid-19 BNPB dan ternyata salah satu sumber penyebaran Covid-19 adalah limbah infeksius dari isolasi mandiri,” ujar Kesuma. 

“Jadi saya minta Bapak dan Ibu jika ada yang melakukan isolasi mandiri mohon sampah infeksiusnya dikumpulkan dalam satu tempat dan ditutup rapat atau diikat erat dan dibuang secara terpisah,” katanya. 

Ia menekakan sebelum dibuang sampah infeksius tersebut harus diberi keterangan “Limbah Infeksi”. 

“Hal itu untuk membedakan sampah biasa dan sampah infeksius agar tidak tertukar, sehingga sampah tersebut bisa ditangani dengan hati-hati,” timpal dia.

Ia menuturkan, sebelum dibuang sampah infeksius harus disemprotkan alkohol 70 persen atau disinfektan. 

“Saya mohon agar sampah tisue dan sampah maskernya disemprot alkohol 70 persen atau disinfektan telebih dahulu sebelum dibuang,” tuturnya. 

“Hal itu dilakukan untuk menjaga lingkungan dan mencegah penularan lebih lanjut mengingat saat ini kasus Covid-19 terus meningkat,” pungkasnya.