Selain Jadi Tampat IKM, Gedung Sentra Industri Tapis Dijadikan Tempat Wisata

Peresmian gedung sentra industri tapis/Tuti
Peresmian gedung sentra industri tapis/Tuti

Gedung Sentra Industri Tapis yang berlokasi di Jalan Teuku Cik Ditiro, Bringin Jaya, Kemiling, Bandar Lampung resmi digunakan. Bangunan tiga lantai tersebut diperuntukan bagi IKM untuk memproduksi tapis. 


Kepala Dinas Perindustrian Bandar Lampung, Adiansyah mengatakan gedunga seluas 80 meter persegi itu bisa digunakan untuk pengembangan IKM, dapat juga menjadi salah satu destinasi wisata di Bandar Lampung.

“Diharapkan gedung ini bisa dimanfaatkan oleh 47 IKM tapis se-kota Bandar Lampung, bisa juga menjadi destinasi atau tujuan wisata di Bandar Lampung,” kata Adiansyah, Selasa (25/10). 

Menurutnya, gedung ini dibangun dengan dana alokasi khusus dari kementerian sebesar Rp4,631 miliar dengan rincian pembangunan geduang Rp4,2 miliar, peralatan Rp270 juta dan belanja jasa konsultasi pengawasan bangunan Rp99 juta. 

“Dilantai dasar gedung sentra industri tapis digunakan untuk ruang produksi pembuatan tapis, lantai satu untuk display hasil tapis dan lantai dua untuk peragaan kain tapis,” ujarnya. 

Sementara itu, Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana berharap Gedung bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya dan Dinas Perindustrian bisa mengawal untuk menjadikan sebagai tempat wisata. 

“Kita undang pihak hotel agar tamunya bisa diarahkan kesini agar bisa meramaikan gedung sental industri tapis,” jelasnya.

Diketahui, peresmian gedung sentra industri tapis tersebut dihadiri oleh Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian Reni Yenita.