Selamatkan Bumi, LPPM Unila Gelar Seminar Pembuatan Eco Enzyme

Pembuaatan eco enzyme/Ist
Pembuaatan eco enzyme/Ist

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Lampung (Unila) menggelar seminar nasional dengan tema eco enzyme solusi cerdas selamatkan bumi. 


Ketua LPPM Prof Lusmeilia Afriani mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan memberikan pembelajaran mengenai konsep pembuatan eco enzyme secara berkelanjutan. 

“LPPM menyelenggarakan seminar ini sebagai tanggung jawab moral dan pengabdian masyarakat,” kata Lusimeilia Afriana, Rabu (2/11).

Menurutnya, kandungan eco enzyme dapat digunakan pada rumah tangga sebagai pengganti detergen, sabun, sampo, dan cairan pembersih lantai. Juga pada bidang pertanian, misalnya sebagai pupuk organik. 

“Penelitian tentang eco enzyme juga telah dilakukan lebih dari 30 tahun dalam rangka mengurangi global warming,” ujarnya. 

Sementara itu, Plt Rektor Unila, Mohammad Sofwan Effendi mengatakan isu lingkuangan di kampus menjadi topik hangat yang harus dicari tahu solusinya. 

“Saya rasa topik eco enzyme merupakan topik yang bagus untuk dibahas agar lingkungan kampus kita dapat bersih dan sejahtera,” ujarnya.

Ia berharap, seminar ini bisa menghasilkan sesuatu yang konstruktif, sesuatu yang baik, dan tindakan nyata di Unila. 

Dikatahui, hadir sebagai narasumber yaitu pimpinan Masyarakat Petani Organik Lampung dan Dr. Dewi Agustina Iryani yang memaparkan materi seputar manfaat dan kegunaan eco enzyme, serta mempraktikkan langsung proses pembuatan eco enzyme di Aula FP Unila.