Sembuh Covid-19, 3 Pedagang Pasar Gedongtataan Boleh Pulang

Tiga pedagang Pasar Gedongtataan yang sebelumnya dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil tes swab, saat ini sudah pulang setelah isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Pesawaran.


Hal tersebut diungkapkan dr Aila Karyus selaku Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pesawaran, Rabu (29/7).

"Alhamdulillah, tiga pasien yang sebelumnya diisolasi di RSUD Pesawaran sudah diperbolehkan pulang, setelah tim dokter melihat keadaan pasien sudah baik," ungkap dr. Aila.

Dia mengatakan, sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan, bagi pasien yang tidak mengalami gejala, tidak dilakukan swab kembali untuk memastikan pasien sudah sembuh atau belum.

"Jadi pasien hanya mendapatkan perawatan saat diisolasi, kemudian setelah itu kita lihat keadaannya, kalau sudah membaik, pasien sudah diperbolehkan untuk pulang ke rumah," paparnya.

Dirinya juga mengatakan, pihaknya memberikan edukasi kepada pasien yang pulang, agar selalu menerapkan protokol kesehatan dan juga isolasi mandiri, meskipun tidak seketat saat dirinya di isolasi di rumah sakit.

"Boleh melakukan aktivitas seperti biasa, namun harus tetap menggunakan masker dan jaga jarak," tegasnya.

Sampai dengan saat ini, lanjutnya, di Kabupaten Pesawaran masih ada satu pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Masih ada satu pasien lagi yang masih dalam perawatan, namun pasien ini tidak diisolasi di RSUD, hanya isolasi di rumahnya sendiri, karena dirinya hidup sendiri, namun kita terus memantau keadaanya dengan menggunakan WhatsApp untuk mengetahui keadaannya," pungkasnya.