Sidak Ombudsman: MPP Tuba Sudah Baik, Tapi Harus Lebih Informatif

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Lampung, Nur Rakhman Yusuf beserta jajaran melakukan giat Inspeksi Mendadak (Sidak) ke Mal Pelayanan Publik (MPP) Tulangbawang (Tuba).


Sidak kali ini mencermati penyelenggaraan pelayanan di tengah pandemi Covid-19.

Nur mengapresiasi kesiapan sarana pencegahan Covid-19 dan kesigapan petugas di lapangan yang standby mengedukasi pengunjung.

"Untuk MPP Tulangbawang, kami melihat sudah lebih siap dalam penerapan pencegahan Covid-19, hal ini dapat dilihat dari sarana, prasarana maupun petugas yg standby menjelaskan dan mengarahkan pengunjung MPP," jelasnya, Rabu (17/6).

Pihaknya memberi catatan terkait daftar informasi instansi penyelenggara pelayanan di MPP Tuba yang harus disesuaikan dengan keadaan di lapangan.

Selain itu, sidak tersebut juga telah disampaikan dengan Bupati Tuba Winarti agar menjadi perhatian.

Saat ini MPP Tuba belum grandlaunching, untuk itu agar segera disempurnakan informasi standar pelayananya.

"Selain itu untuk instansi vertikal tidak satupun kami temukan, sedangkan di informasinya terdapat Kejaksaan, BPOM dan Kemenag. Menurut koordinator MPP, sementara masih berjadwal (tidak setiap hari) maka seharusnya informasinya disesuaikan baik diwebsite maupun manual di tempat pelayanan," ujarnya.

Sebelumnya, Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Lampung juga sidak ke Disdukcapil Lampung Timur.

 "Kami menyoroti tempat pelayanan di Disdukcapil Lamtim yang kurang layak. Sulit untuk menerapkan physical distancing karena tempat pelayanan yang sempit," kata Nur.