Sinkronisasi Data Vaksin dengan KTP-el Bisa di Disdukcapil Bandar Lampung

Kepala Disdukcapil Kota Bandar Lampung, Ahmad Zainuddin/ Tuti
Kepala Disdukcapil Kota Bandar Lampung, Ahmad Zainuddin/ Tuti

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandar Lampung menghimbau kepada masyarakat yang mendapat persoalan terkait sinkronisasi data vaksin dengan KTP-el bisa mengajukan perbaikan ke pusat pelayanan setempat.  


Kepala Disdukcapil Kota Bandar Lampung, Ahmad Zainuddin mengaku kerap mendapatkan pengajuan untuk perbaikan atau sinkronisasi data vaksin dengan KTP. Menurutnya, tidak sinkronnya data dimungkinkan karena data KTP tidak sama dengan KK, atau tersambung dengan server lain. 

"Perbaikan sudah ada, tidak hanya ini sinkronisasi vaksin, BPJS pun sama ketika terdapat kasus tidak terkoneksi antara data KT, bisa dilakukan perbaikan data, kata Ahmad Zainuddin, Jumat (8/10).

Ahmad Zainuddin mengatakan tidak sinkronnya data vaksin dengn KTP dapat diperbaiki melalui pusat pelayanan Administrator Data Base (ADB) di Gedung Pelayanan Satu Atap. 

"Perbaikan data juga bisa dilakukan di Dinas Kesehatan atau puskesmas terdekat. Kami sudah memberikan kontak person yang bisa dihubungi oleh Dinas Kesehatan ataupun petugas puskesmas, sehingga tidak perlu mengantre di loket ADB Disdukcapil," ujarnya. 

Untuk pelayanan di kantor Disdukcapil, Ahmad Zainuddin mengatakan khusus perbaikan data ini, loket ADB dibuka mulai dari Senin hingga Jumat dan ditambah pada hari Sabtu dan Minggu.  

"Pelayanan ADB kami buka juga di hari Sabtu dan Minggu, agar seluruh masyarakat bisa mendapatkan pelayanan diluar hari kerja," jelasnya.