Soal Ambang Batas Parlemen, Gerindra: Sabar Saja Dulu

Beberapa partai politik mulai menyuarakan soal ambang batas parlemen yang diberlakukan pada Pemilu 2024. Salah satunya PDIP yang mengusulkan sebesar 5 persen, atau naik satu persen dari Pemilu 2019.


Merespons hal itu, Wakil Sekjen Partai Gerindra, Andre Rosiade memastikan partainya belum mengambil sikap.

"Ya intinya belum ada keputusan resmi dari partai. Sampai sekarang partai belum memutuskan setuju atau tidak setuju," ucap Andre dilansir Kantor Berita Politik RMOL di Gedung Nusantara II, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (28/1).

Anggota DPR ini mengatakan hingga saat ini Gerindra masih menggodok wacana tersebut dan belum memutuskan berapa seharusnya ambang batas parlemen. Hal itu berbeda dengan beberapa parpol yang sudah lantang meyuarakan perubahan parliamentary threshold.

Selain PDIP yang mengusulkan 5 persen, Nasdem juga meminta ambang batas dinaikkan minimal 7 persen. "Sampai sekarang masih dikaji sama Fraksi Gerindra sampai sekarang belum ada keputusan dari fraksi Gerindra soal parliamentary threshold," paparnya.

Jika sudah ada keputusan partai, pihaknya baru bisa membeberkan ambang batas parlemen usulan Gerindra yang diakui akan merujuk pada harapan masyarakat.

"Tentunya Gerindra akan memberi keputusan yang sesuai dengan harapan dan keinginan masyarakat. Jadi sabar aja dulu," tandasnya.