Soal Baliho, Hantoni Hasan Ingatkan Bawaslu Lampung Jangan Jadi Corong Pihak Tertentu

Hantoni Hasan/Faiza
Hantoni Hasan/Faiza

Ketua Dewan Pakar PKS Lampung Hantoni Hasan meminta Bawaslu Lampung fokus bekerja saja. Tak usah sibuk dengan imbauan dan menjaga kondusifitas perkara baliho dan billboard dirinya yang ingin mencalonkan diri sebagai Gubernur Lampung.


Menurut Hantoni, imbauan Bawaslu Lampung yang memintanya menjaga kondusifitas dan bersabar menunggu tahapan Pemilihan Gubernur (Pilgub) sesungguhnya ditujukan kepada orang yang gerah dengan keberadaan balihonya.

"Kira-kira begini imbauannya: sudahlah mas mau apa ribut/gerah dengan org yang mau sosialisasi dan tidak melanggar apa-apa," ujarnya, Rabu (10/8).

Mantan Anggota DPRD Lampung dua periode ini mengatakan, dirinya sudah membaca tugas, wewenang, dan kewajiban Bawaslu. Di mana, tidak ada urusan dengan mengimbau atau menjaga kondusifitas.

"Saran saya teman-teman Bawas fokus menjalankan tugas, wewenang, kewajiban berdasarkan peraturan perundangan yang ada," kata mantan Ketua PKS Lampung ini.

Pasalnya, kata Hantoni, jika dilanjutkan, khawatir akan ada persepsi di publik bahwa Anggota Bawaslu menjadi corong pihak tertentu.

"Soalnya banner-banner lain (capres) yang bertebaran baik sebelum ataupun sesudah banner Hantoni Hasan beredar, tapi Bawaslu diam seribu bahasa," jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Bawaslu Lampung Fatikhatul Khoiriyah meminta kepada masyarakat Lampung yang punya niat baik dan punya visi membangun Lampung lewat jalur eksekutif untuk menunggu tahapan Pilgub Lampung 2024 dimulai.

"Tidak ada yang dilarang bagi orang yang ingin melakukan sosialisasi, tapi kami berharap menunggu tahapan dimulai. Itu hanya himbauan, tidak ada sanksi dan tidak ada larangan," kata dia.