Staf Ahli Kementerian BUMN Kunjungi Kawasan Edukasi dan Ekowisata Mangrove Petengoran Teluk Pandan

Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting mengunjungi Kawasan Edukasi dan Ekowisata Mangrove Petengoran Desa Gebang, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran/ Ist
Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting mengunjungi Kawasan Edukasi dan Ekowisata Mangrove Petengoran Desa Gebang, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran/ Ist

Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting mengunjungi Kawasan Edukasi dan Ekowisata Mangrove Petengoran Desa Gebang, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran pada Kamis (23/6) yang lalu.


Loto Srinaita mengatakan, peninjauan ini guna melihat peluncuran program BRI yakni membina UMKM, termasuk melihat keindahan lokasi Mangrove Petengoran yang dirawat pelestari dan pemerintah setempat.

"Peninjauan ini dilakukan ingin melihat peluncuran program BRI, karena BRI banyak membina UMKM, salah satunya Desa Brilian di Desa Gebang, Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran," kata Loto didampingi Deputi bisnis pegadaian area Lampung, Kusnadi beserta Tim BRI Area Lampung, dan Teluk Betung Ricky Aditya, Sabtu (25/6).

Menurutnya, Desa Brilian ini juga pernah dilombakan tentang edukasi dan ekowisata Mangrove Petengoran.

"Pelestarian mangrove yang dikelola kelompok pelestari Mangrove Petengoran, ketiga kalinya peninjauan ini dilakukan, satu Mangrove PIK Jakarta, kedua Mangrove di Semarang, dan ketiganya di Pesawaran, Lampung," ujarnya

Ia berharap adanya Mangrove Petengoran ini benar-benar bermanfaat, selain pemandangannya bagus, juga manfaatnya bagi ekonomi masyarakat setempat.

"Jadi saya berharap adanya Mangrove Petengoran ini untuk sama-sama merawat ekosistemnya yang sudah terbentuk, yang pada akhirnya untuk masyarakat juga," harapnya.

Dijelaskannya, fungsi mangrove ini bisa menyerap karbon, bisa menjaga dan melindungi abrasi terlebih bisa menjaga kehidupan ekosistem laut dan pantai di wilayah pesisir.

"Untuk itu, diharapkan UMKM Kelompok Pelestari Mangrove Petengoran terus dikembangkan, tetapi juga didalam berusahanya tetap menjaga lingkungan," jelasnya.

Lebih lanjut, Ia mengakan, dari sisi pelestarian ekosistem mangrove ini bisa menghasilkan peluang-peluang usaha ramah lingkungan seperti penyediaan perahu-perahu.

"Namun demikian pesan saya didalam pelestarian mangrove ini, jika ada pencemaran lingkungan, diharapkan Pemkab setempat segera memfasilitasi dan bersinergi sebagai pelindung, karena tadi kita tahu bahwa sebenarnya pengusaha itu juga dapat manfaat dari keberadaan ekosistem mangrove yang baik ini," kata dia.

Kemudian, jika ada perbedaan tafsir terkait mangrove agar dapat difasilitasi oleh Pemda Pesawaran untuk dijadikan sinergi bersama-sama.

"Karena pelestarian lingkungan itukan sebenarnya isu yang memang sudah wajib seluruh umat di dunia merawat alam ini, bukan hanya di Desa Gebang, Kecamatan Teluk Pandan, Pesawaran Lampung saja, semuanya," tuturnya.

Ditambahkannya, karena pesan G-20 itu termasuk menjaga lingkungan ini supaya lestari yang berkaitan penurunan pemanasan global dengan target 29 persen tahun 2030, salah satu langkah yang dilakukan pelestari mangrove ini membantu menurunkan emisi karbon.

"Langkah ini mendukung program pak Jokowi, yang telah disahkan dengan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Nilai Ekonomi Karbon (NEK)," jelas Loto.

Sementara, Ketua Pelestari Mangrove Petengoran Desa Gebang Toni Yunizar menyampaikan, apresiasi dan terima kasih kepada Loto Srinaita Ginting Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN telah menyempatkan diri ke kawasan edukasi dan ekowisata Mangrove Petengoran.

"Ini salah satu kehormatan bagi kami selaku Pelestari Mangrove Petengoran Desa Gebang, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Lampung, terima kasih Ibu Loto atas perhatiannya, meski demikian kami terus berusaha dan tetap semangat merawat dan menjaga pelestarian ini dari kerusakan maupun pencemaran lingkungan hingga anak cucu kami," pungkasnya.

Diketahui peninjauan ini dilakukan setelah sebelumnya staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting menghadiri acara Harvesting Lagawi Fest Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan rakor P3GN di Pulau Tegal Mas Desa Gebang Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran.