Status GAK Siaga, BPBD Ingatkan Warga Pesisir Teluk Semangka Waspada

PantainTeluk Semangka Kabupaten Tanggamus/ Ist
PantainTeluk Semangka Kabupaten Tanggamus/ Ist

Menyikapi meningkatnya status Gunung Anak Krakatau (GAK) dari level II atau waspada menjadi level III atau Siaga, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanggamus mengimbau warga di pesisir Pantai Teluk Semangka agar waspada terutama pada malam hari.


Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Tanggamus, Rusdi mengatakan, meningkatnya status gunung yang berada di Selat Sunda itu secara histori berpotensi menimbulkan tsunami atau gelombang tinggi terutama di malam hari. 

Saat ini kata Rusdi, BMKG bekerjasama dengan PVMBG terus memantau perkembangan aktivitas GAK dan muka air laut di selat sunda.

Namun demikian, dirinya menghimbau masyarakat agar tidak terpancing isu yang tidak bertanggung jawab terkait informasi tsunami.

"Pastikan informasi hanya bersumber dari BMKG dan BPBD Tanggamus, kami terus mengikuti perkembangan aktivitas GAK dan melaporkan langsung ke Bupati Tanggamus," jelasnya, Selasa (26/4).

Menurut dia, kalaupun memang terjadi tsunami, badan penanggulangan bencana daerah memiliki sirene, sebagai peringatan dini tsunami.