Stok Oksigen Mencukupi Kebutuhan RSUD Pesawaran

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran Maisyuri/ Rama
Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran Maisyuri/ Rama

Pemkab Pesawaran memastikan stok oksigen di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat mencukupi kebutuhan.


Hal itu disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Pesawaran Maisyuri, tabung oksigen yang dimiliki RSUD saat ini berjumlah 70 tabung yang diperuntukan pasien yang sedang menjalani isolasi dan pasien lainnya.

"Jadi kalau untuk kebutuhan dalam seharinya, untuk RSUD membutuhkan sekitar 30 tabung, jumlah tersebut diperuntukkan pasien yang masuk RSUD untuk isolasi dan memiliki komorbid atau penyakit penyerta," ujar Maisyuri melalui sambungan telepon, Senin (26/7).

Ia mengatakan, dengan jumlah kebutuhan tersebut pihak Pemkab terus melakukan pengisian tabung oksigen dan melakukan kerja sama di beberapa tempat pengisian oksigen.

"Untuk mengantisipasi kekurangan oksigen di Pesawaran kita melakukan kerja sama di beberapa tempat pengisian, kemudian dalam setiap harinya kita selalu mengirim tabung yang kosong untuk dilakukan pengisian ulang," katanya.

"Dengan kita lakukan ini, semoga dapat mengantisipasi kelangkaan oksigen saat diperlukan untuk menangani pasien yang mengalami sesak nafas, sehingga pelayanan rumah sakit dapat maksimal ketika menangani pasien yang isolasi," timpalnya. 

Menurutnya, meskipun tidak pernah ada kekosongan di RSUD Pesawaran, namun saat ini terkait kelangkaan oksigen sangat luar biasa sulit untuk didapatkan. 

"Kalau ngomong langka, luar biasa langkanya, ya saya juga pasti ada takutnya kalau oksigen itu tidak terisi, jangan sampai pasien kita terkapar gak dapat oksigen, tapi ya Alhamdulillah kita selalu usahakan untuk stok oksigen selalu tersedia," pungkasnya.