Sudah Acc Airlangga dan Lodewijk, Alzier Deklarasi Bakal Nyalon DPR RI Dari Golkar

Pertemuan Lodewijk F Paulus dan Alzier Dianis Thabranie di pernikahan anak Gubernur Lampung Arinal Djunaidi/dok pribadi
Pertemuan Lodewijk F Paulus dan Alzier Dianis Thabranie di pernikahan anak Gubernur Lampung Arinal Djunaidi/dok pribadi

Mantan ketua DPD I Partai Golkar Lampung M Alzier Dianis Thabranie mendeklarasikan akan mencalonkan diri sebagai Anggota DPR RI dari Partai Golkar untuk Daerah Pemilihan Lampung I.


Dapil Lampung I meliputi, Lampung Selatan, Bandar Lampung, Metro, Pesawaran, Pringsewu, Tanggamus, Pesisir Barat, dan Lampung Barat.

"Harus dong, kita kan kader Golkar. Saya akan nyalon di DPR RI Dapil I Pemilu 2024 nanti," katanya kepada Kantor Berita RMOLLampung, Senin (5/9).

Ia mengatakan, keinginannya itu sudah disampaikan kepada Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Sekretaris Jendral Lodewijk F Paulus.

"Mumpung pak Airlangga pak Lodewijk masih menjabat, jadi saya langsung minta ke pusat, termasuk ke Pak Ahmad Doli, kalau di daerah ini susah, orang orangnya terlalu ekslusif," sambungnya.

Menurut Alzier, kader Golkar di Lampung biasanya tak ingin terlihat dekat dengannya, mungkin, khawatir dipecat Ketua DPD I Golkar Lampung Arinal Djunaidi.

"Akhirnya saya mendekat. Hubungan saya dan Pak Arinal ini sangat mesra, kemarin ke pesta dia (pernikahan anak Arinal, Isfansa dan Mareta) kami peluk-pelukan dan ngobrol biasa, saya siap all out bersama Golkar," katanya.

Pria kelahiran 8 November 1957 ini mengaku tak masalah soal akan mendapatkan nomor urut berapa di surat suara. Bahkan, dia meminta nomor urut rendah.

"Mau dipasang nomor urut berapa pun gak ada masalah, yang penting ado namo kita. Kalau gak ada nama, gimana mau milihnya," kelakarnya.

Alzier mengaku optimis mencalonkan diri sebagai Anggota DPR RI. Soal dana, Ketua Kadin Lampung Periode 2007–2012 itu mengaku asetnya masih cukup untuk berlaga di politik.

"Untuk nyalon berapa miliar pun saya gak perlu gratifikasi," tegasnya.

Pada tahun 2016, DPP Golkar memberhentikan M Alzier Dianis Thabranie selaku Ketua DPD I Partai Golkar Lampung.

Jabatan ketua kemudian diemban Plt Lodewijk F Paulus yang ditugaskan untuk melaksanakan Musyawarah daerah luar biasa (Musdalub).

Alzier kemudian menjabat Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar masa bakti 2016-2021. Namun, ia mengundurkan diri sebagai kader Golkar pada 24 Juli 2018.

Pada tahun 2021, M. Alzier Dianis Thabranie digadang-gadang bakal jadi Ketua PPP Lampung. Namun, akibat banyaknya konflik internal, Alzier menyatakan mundur dari bursa pencalonan ketua DPW PPP Lampung Juni 2021.