Suharso Monoarfa Diganti Plt Ketum Mardiono, PPP Lampung Diam

Mukernas PPP di Banten/ist
Mukernas PPP di Banten/ist

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa diberhentikan sebagai Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Senin (5/9).


Dia dicopot oleh Majelis dan Mahkamah Partai melalui Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) bertema “Konsolidasi dan Sukses Pemilu 2024” yang digelar Minggu-Senin (4-5/9) di Swis Belinn Hotel, Serang, Banten.

Hasil Mukernas menunjuk Muhammad Mardiono sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PPP menggantikan Suharso.

“Saya menerima amanah yang diputuskan dalam rapat pengurus harian untuk mengisi jabatan Plt Ketua Umum PPP. Atas dukungan dan doa para kiai yang ada di majelis ini, Bismillah saya akan bekerja keras agar PPP bisa bangkit di Pemilu 2024,” ujar Muhammad Mardiono.

Sementara itu, Ketua Majelis Syariah PPP, KH Mustofa Aqil Siradj, menyebut keputusan ini diambil atas usulan berbagai pihak. Ia pun berharap keputusan tersebut bisa bermanfaat dan lebih baik untuk partai.

“Kami tidak bisa menahan gejolak protes, suara, dan usulan dari berbagai pihak. Tidak kurang dari 10 kali pertemuan kami adakan untuk menanggapi gejolak ini. Keputusan ini semata-mata merespons kiai dan berbagai pihak,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Ketua Majelis Kehormatan PPP, KH Zarkasih Nur, mengaku tidak ada kebencian terhadap pemimpin yang lalu. Ke depannya, dia menyebut kepemimpinan partai akan dilakukan dengan penuh kebersamaan, persatuan, dan kasih sayang.

“Kami tetap berhubungan baik, tidak ada yang menaruh kebencian ataupun kemarahan. Tetapi dalam menghadapi masalah sekarang ini kami mengharapkan Suharso melepas tugasnya sebagai Ketua Umum PPP,” katanya.

Mukernas ini dihadiri oleh Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani, Pengurus Harian DPP PPP, serta Ketua dan Sekretaris dari 27 DPW PPP se-Indonesia. 

Pun dihadiri anggota DPR RI Fraksi PPP, M Amir Uskara dan Achmad Baidowi, serta Ketua Gerakan Pemuda Kabah (GPK), Habib Farhan Hasan Al Amri. 

Saat berusaha dikonfirmasi Kantor Berita RMOLLampung, Ketua DPW PPP Lampung Supriyanto memilih diam. Anggota DPRD Lampung itu tidak menjawab pesan atau panggilan ke nomornya +62 813-7900-0xxx. 

Sebelumnya, Wakil Ketua DPW PPP Lampung Yushardi sempat meminta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno jadi Ketua Umum PPP saat bersilaturahmi dengan pengurus DPW PPP di Bandar Lampung, Sabtu (27/8).

Menurut Supriyanto, keinginan Yushardi adalah keinginan pribadi, bukan sikap partai. Lagipula, situasi di PPP sudah damai dan tak ada polemik.

Anggota DPRD Lampung itu melanjutkan, PPP Lampung tetap mendukung kepengurusan Suharso Monoarfa dan pihaknya tengah sibuk menyusun strategi pemenangan jelang Pemilu 2024.

"Lampung tetep konsen pada pencalegan dan penyusunan tim pemenangan pemilu 2024 hingga ke bawah," sambungnya.