Surat Suara Pencoblosan, Baru Lampung Timur Yang Dikirim

Jumadi Ahmad/RMOLLampung
Jumadi Ahmad/RMOLLampung

Delapan kabupaten kota yang mengadakan pilkada di Lampung, menunggu logistik surat suara. Saat ini, baru surat suara Lampung Timur yang dalam tahap perjalanan. 


Kepala Bagian Umum dan Logistik KPU Lampung, Jumadi Ahmad mengatakan, sementara untuk daerah lainnya akan dikirimkan bertahap sesuai jadwal. 

"Begitu Lampung Timur masuk, yang lainnya akan bertahap. Kabupaten mana yang approval duluan itu yang duluan," ujarnya ketika ditemui di Kantor KPU Lampung, Kamis (19/11).

Ia mengatakan, tiap KPU kabupaten kota didampingi oleh pengamanan kepolisian dalam tahapan percetakan hingga pendistribusian surat suara. Sementara, untuk logistik lain, pihak kepolisian hanya melakukan monitoring. 

Menurut Jumadi, untuk kasus kekurangan kotak suara seperti di Kota Metro dan Kabupaten Waykanan dapat diajukan kembali ke penyedia. 

"Mereka buat berita acara kekurangan nanti disampaikan ke penyedia, cacat mutu atau kurang. Kalau KPU Provinsi hanya memantau logistik, mengingatkan daerah dan menghimpun data yang masuk dan akan dilaporkan ke KPU RI," kata dia. 

Ia berharap semua logistik tiba sesuai jadwal, diperkirakan minggu ini semua logistik sudah sampai. 

Logistik yang sudah diterima 8 kabupaten kota diantaranya tinta, segel, kotak suara, bilik suara dan APD PKRT. Sementara untuk APD barang umum pendistribusiannya 80 persen.

Selain itu, masih ada beberapa logistik yang belum didistribusikan oleh penyedia. Diantaranya, Templete, DPC, Buku panduan, APD Alkes, Formulir plano hologram dan kabel ties.