Survei Pilgub Lampung Rakata, Elektabilitas Arinal Kalah Jauh Dari Herman HN

Arinal Djunaidi dan Herman HN/Net
Arinal Djunaidi dan Herman HN/Net

Lembaga Survei Rakata Institute merilis hasil survei Preferensi Publik Bandar Lampung Terhadap Partai Politik, Kandidat Presiden RI, Kandidat Gubernur Lampung dan Kandidat Walikota Tahun 2024, Rabu (17/8).


Untuk survei kategori elektabilitas Calon Gubernur Lampung, nama Ketua NasDem Lampung Herman HN unggul telak dengan angka 22,33 persen.

Di posisi kedua, ada Walikota Bandar Lampung yang juga istri Herman HN, Eva Dwiana dengan angka 2,38 persen. 

Barulah nama Gubernur Lampung Arinal Djunaidi di urutan ketiga dengan angka 1,19 persen. Elektabilitas petahana Gubernur Lampung ini masih kalah jauh dibandingkan Herman HN.

Selanjutnya, Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim 0,95 persen, dan Dewan Pakar PKS Lampung Hantoni Hasan dengan angka 0,95 persen.

Mantan Bupati Tulangbawang Umar Ahmad dan mantan Gubernur Lampung Ridho Ficardo harus puas dengan angka 0,48 persen.

Dilanjutkan, Agus Istiqlal, Aries Sandi Darma Putra, Bahtiar Basri, Dendi Ramadhona, Edy Irawan, Alzier Dianies Thabrani, M. Kadafi, Mukhlis Basri dan Raden Adipati Surya masing-masing memperoleh 0,24 persen.

Survei ini menggunakan metode stratified random sampling, dan memiliki toleransi kesalahan (Margin of Error — MoE) +-5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sampel berjumlah 420 orang yang berasal dari Kota Bandar Lampung. Seluruh responden sudah  memiliki hak pilih dalam Pemilu, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.