Survei Rakata di Bandar Lampung: PDIP Unggul Diikuti Golkar dan Nasdem

Lembaga Survei Rakata Institute merilis hasil survei terkait elektabilitas partai politik di Bandar Lampung / Faiza
Lembaga Survei Rakata Institute merilis hasil survei terkait elektabilitas partai politik di Bandar Lampung / Faiza

Lembaga Survei Rakata Institute merilis hasil survei terkait elektabilitas partai politik di Kota Bandar Lampung di Kiyo, Rabu (17/8).


Survei ini berjudul Preferensi Publik Bandar Lampung Terhadap Partai Politik, Kandidat Presiden RI, Kandidat Gubernur Lampung dan Kandidat Walikota Tahun 2024 dengan Periode Survei 1-5 Agustus.

Hasilnya, PDIP Bandar Lampung unggul dengan 18,33 persen disusul Partai Golkar 10,71 persen. Di bawahnya, Nasdem dengan 7,86 persen, Demokrat 6,90 persen, PKS dengan 6,43 persen dan Gerindra 4,52 persen.

Partai lainnya hanya meraih 0 koma sekian persen, di antaranya PAN 0,95 persen, Ummat 0,71 persen, dan Perindo 0,48 persen. Sisanya, Hanura, PKB, PKR, PSI dan PPP 0,24 persen. Namun, dengan swing voters 41,90 persen.

Survei ini menggunakan metode stratified random sampling, dan memiliki toleransi kesalahan (Margin of Error — MoE) +-5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sampel berjumlah 420 orang yang berasal dari Kota Bandar Lampung. Seluruh responden sudah  memiliki hak pilih dalam Pemilu, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.