Survei Rakata Institute: Anies dan Ganjar Ungguli Elektabilitas Prabowo di Bandar Lampung

Kolase Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto/net
Kolase Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto/net

Hasil survei elektabilitas Gubernur Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo beda tipis. Keduanya mengungguli elektabilitas Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto.


Hal itu berdasarkan hasil survei Survei Rakata Institute terkait Preferensi Publik Bandar Lampung Terhadap Partai Politik, Kandidat Presiden RI, Kandidat Gubernur Lampung dan Kandidat Walikota Tahun 2024, Rabu (17/8).

Di mana, Anies Baswedan berada di urutan pertama dengan elektabilitas 16,43 persen. Ia ditempel ketat oleh kader PDIP Ganjar Pranowo dengan elektabilitas sebesar 15,48 persen.

Sementara, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berada di urutan ketiga. Namun, dengan jumlah elektabilitas yang cukup jauh dari Anies dan Ganjar, yakni 7,38 persen.

Selanjutnya ada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di posisi ke empat dengan elektabilitas sebesar 6,43 persen. Kemudian, Sandiaga Uno dengan 2,14 persen, Agus Harimurti Yudhoyono dengan 1,90 persen, dan Erick Thohir 1,67 persen.

Dilanjutkan, Presiden Jokowi dengan 1,43 persen,  Gatot Nurmantyo dengan 0,94 persen dan nama-nama lainnya yakni Khofifah Indar Parawansa, Susi Pudjiastuti, Tri Rismaharini, Andika Perkasa, Gibran Rakabuming Raka, Luhut Binsar Panjaitan dan Rizal Ramli dengan elektabilitas masing-masing 0,24.

Survei dilaksanakan pada 1-5 Agustus 2022 ini memiliki swing voters (responden yang belum menentukan pilihan) sebesar 43,81 persen.

Survei ini menggunakan metode stratified random sampling, dan memiliki toleransi kesalahan (Margin of Error — MoE) +-5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sampel berjumlah 420 orang yang berasal dari Kota Bandar Lampung. Seluruh responden sudah  memiliki hak pilih dalam Pemilu, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.