Syaiful Bokhari, Antara Pencalonannya Dan Kasus Bansos Covid-19



Kejaksaan Agung langsung menyelidiki dugaan korupsi bansos Covid-19 saat sang bupatinya, Zaiful Bokhari, bersiap ikut tahapan kontestasi Pilkada Lampung Timur 2020

Zaiful Bokhari yang baru saja mendapatkan tiket pencalonannya dari PDIP menyatakan akan proaktif terhadap kejaksaan. Dia yakin distribusi bansos Covid-19 sudah berjalan di relnya.





Untuk kasus ini, Tim Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung) telah menyelidikinya sejak pekan lalu (7/8). Jaksa Agung RI Sanitiar Burhanuddin membenarkannya.

Mereka yang terkait kasus ini telah dimintai keterangan di Kejati Lampung, ujar Burhanuddin di Kejaksaan Tinggi Lampung, Kamis (13/8).

Burhanuddin mengatakan telah mendapatkan atensi dari Presiden RI Joko Widodo terkait pendampingan dana Covid-19 agar sampai tepat sasaran. 

Menurut dia, selagi kesalahan itu bersifat administrasi, tak ada masalah. Tapi,  kalau kejadian itu ada niat jahat korupsi, akan ditindak tegas.

Mereka yang telah dimintai keterangan adalah beberapa pejabat dari Dinas Kesehatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Sekretaris Kabupaten Lamtim Syahrudin Putra.

Zaiful Bokhari

Kasus ini serius ditelusuri Kejagung bertepatan Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari baru saja mendapatkan rekomendasi pencalonnya dari PDIP, Selasa (11/8).





Walau begitu, Zaiful menyatakan komitmennya akan proaktif terkait langkah Kejagung menyelidiki penggunaan anggaran Covid-19 di kabupatennya.

Hal tersebut disampaikan Bupati Lamtim Zaiful Bokhari usai menghadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD mendengarkan Pidato Presiden RI Jokowi, Jumat  (14/8).

"Kami akan menghormati upaya penegakan hukum yang dilakukan Kejaksaan Agung sebagai tindak lanjut laporan masyarakat terkait penanganan Covid-19," katanya.

Menurut dia, pelaksanaan penanganan Covid-19 sudah sesuai aturan perundangan yang berlaku. Bahkan, berkat dukungan dan kerja sama semua pihak daerahnya zona hijau Covid-19.

"Kami siap memberikan laporan yang sebenar-benarnya tanpa ada yang ditutup-tutupi kepada pihak Kejaksaan Agung," tandasnya.

Zaiful Bokhari yang akan berpasangan dengan Sudibyo sudah mendapatkan rekomendasi DPP PDIP bakal pasangan calon kepala daerah di Lampung Timur.

Mereka juga digadang-gadang mendapatkan rekomendasi dari Partai Golkar, Gerindra, PKS dan PAN. Jika keluar, total 28 kursi.

Pasangan Zaiful Bokhari,  Sudibyo merupakan anggota DPRD Lampung Timur tiga periode dari Partai Golongan Karya (Golkar).

Syarat untuk mengajukan calon harus mengantongi dukungan 10 persen dari 50 jumlah kursi DPRD Lamtim.