Tahanan Perempuan Melahirkan di Mobil Ambulans Polisi

Kepala Dokkes Polrestabes Palembang, dr Launa R Munazat membantu tahanan wanita melahirkan dari ambulans/Ist
Kepala Dokkes Polrestabes Palembang, dr Launa R Munazat membantu tahanan wanita melahirkan dari ambulans/Ist

Seorang tahanan titipan kejaksaan berinsial LM melahirkan di mobil ambulans Polrestabes Palembang, Jumat (18/11).


Proses kelahiran bayi dari narapidana perempuan yang dititipkan di Polrestabes Palembang ini dibantu Personel Si Dokkes Polrestabes Palembang diketuai langsung dr Launa R Munazat.

Jumat (18/11) siang tahanan wanita berinsial LM mengalami kontraksi dan tidak bisa menahan kelahiran anaknya, petugas langsung membawa ke rumah sakit dengan menggunakan mobil Ambulans Polrestabes Palembang. 

Namun dalam perjalanan, karena tak bisa menahan kontraksi LM yang merupakan tahanan titipan kejaksaan ini harus melahirkan bayi perempuan dengan bantuan dr Launa R Munazat.

Kapolrestabes Palembang, Kombes Mokhamad Ngajib melalui Kepala Dokkes Polrestabes Palembang, dr Launa R Munazat saat diwawancarai membenarkan dirinya bersama personil Sidokkes Polrestabes Palembang membantu tahanan bersalin di dalam mobil Ambulans Polrestabes Palembang.

"Awalnya jam 10.00 WIB kita mendapatkan laporan bahwa ada tahanan wanita yang sedang hamil besar mengalami kontraksi, lalu kita menuju ke sana untuk memeriksa pembukaan berapa dan apakah kepala bayi sudah muncul," ujar Dr Launa.

Lanjutnya, selain itu pihaknya juga langsung melakukan VT (pemeriksaan dalam untuk melihat pembukaan persalinan. "Diketahui diraba pembukaan ke 3-4, dan ibu ini akan melahirkan anak yang ke 5, serta dilihat dari riwayatnya kemungkinan tidak lama lagi akan melahirkan," jelasnya.

Lalu, masih kata dr Launa R Munazat, ibu ini langsung dibawa ke RS Bari Palembang dengan menggunakan mobil Ambulans Polrestabes Palembang. 

"Namun di tengah jalan ibu ini tidak dapat menahan lagi untuk melahirkan, dan dengan peralatan seadanya dan untuk mempertimbangkan keselamatan bayi di dalam kandungan, kami lakukan persalinan didalam mobil Ambulans," terangnya.

Setelah berhasil membantu persalinan, LM tetap dirawat di RS Bari Palembang guna mendapatkan perawatan intensif pasca melahirkan. 

"Sesampai di RS Bari Palembang langsung diberikan penanganan lebih lanjut untuk bayi dan ibunya, bayi tersebut terpantau sehat dan menangis kuat dengan jenis kelamin wanita dan berat 3,6 kilogram," pungkasnya.