Dana Desa Di Sembilan Kabupaten Sudah Cair

Tahun 2020, dana desa di 9 kabupeten di Provinsi Lampung telah cair. Hal ini disampaikan oleh Gubernur Arinal Djunaidi saat rapat kerja percepatan penyaluran dan pengelolaan dana desa tahun 2020.


"Saya tidak perlu sebut segera menyusul surat kuasa pemindah bukuan dari Bupati kepada kepala KPPN sudah 9 Kabupaten dana desa yang sudah cair tahap pertama tahun 2020 ada 3 desa di kabupaten Pringsewu sisanya masih dalam proses," kata Arinal, pada kegiatan di Gedung Serba Guna Universitas Lampung, Selasa (18/2).

Ia menambahkan dengan percepatan penyaluran dan pengelolaan dana desa ini, 522 desa tertinggal dapat menyelesaikan permasalahan dan mengembangkan potensi yang dimiliki untuk meningkatkan kersejahteraan.

"Di Provinsi Lampung penggunaan dana desa dialokasikan untuk mencapai tujuan pembangunan desa, yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan," jelasnya.

Tambahnya pemanfaatan Dana Desa dimulai pada awal tahun dan diutamakan pemanfaatannya melalui pola program padat karya yang memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat miskin di desa.

"Penggunaan dana desa juga diarahkan untuk menggerakkan sektor produktif di tingkat Desa mulai dari pengolahan pasca panen industri kecil budidaya perikanan desa wisata dan industrialisasi pedesaan yang mampu menjadi pengungkit ekonomi desa," ujarnya.