Tak Kuasa Menahan Rindu, Fauzan Nekat Gowes Sepeda Hingga Mekah

Muhammad Fauzan gowes sepeda menuju Mekah/Ist
Muhammad Fauzan gowes sepeda menuju Mekah/Ist

Semenjak lulus dari salah satu pesantren di Yogyakarta pada 2014, Muhammad Fauzan (28) sangat ingin melanjutkan pendidikan di Kota Mekah, Arab Saudi.


Berbagai pendaftaran pendidikan secara online telah dicoba, namun hingga ia lulus S1 di Makassar tak kunjung ada panggilan dari Mekah. 

Warga Magelang, Jawa Tengah itu akhirnya membongkar tabungannya untuk membeli sepeda, dan perlengkapan lainnya. Ia nekat ke Mekah dengan gowes sepeda. 

"Saya sangat rindu sekali dengan Kabah, dan gowes sepeda adalah pilihan terakhir saya," kaya Fauzan kepada Kantor Berita RMOLLampung, Rabu (27/4). 

Sejak 4 November lalu, pria beranak dua itu memutuskan meninggalkan kampung halamannya. Saat ini ia telah mencapai Singapura menuju Malaysia. 

"Perhitungan kasar saya masih 3 bulan lagi untuk sampai di Arab Saudi. Namun saya berencana untuk skip beberapa negera karena masih terjadi konflik seperti Myanmar dan India, nanti saya berencana naik bus atau pesawat. Sehingga direncanakan 2 bulan bisa sampai," ujarnya. 

Menurutnya, sesampainya di Mekkah ia akan mengikuti ibadah haji, namun jika tidak sempat ia akan mengikuti ibadah umroh. Lalu berencana mengikuti pendidikan non formal di Masjid Nabawi dan Masjid Mukarramah selama 6 bulan. 

"Insyaallah setelah selesai, saya akan kembali ke kampung halaman dengan menggunakan pesawat," jelasnya. 

Lebih lanjut, selama diperjalanan menuju Mekah, Fauzan sering mengalami kendala seperti ban bocor, kesehatan yang menurun hingga ditahap tak bisa melewati suatu wilayah. 

"Kalau di Indonesia biasanya gowes dari pukul 07.00 hingga 18.00 WIB. Saya beristirahat di masjid, pondok pesantren, atau kerabat gowes. Untuk bertahan hidup, ia berjualan obat herbal dan layanan kesehatan bekam," ujarnya. 

Fauzan berharap bisa sampai Mekah dengan selamat, walaupun lelah rindunya harus dibayarkan hingga tuntas. 

"Mohon doanya agar saya bisa bisa sampai Mekah dan melanjutkan pendidikan disana" jelasnya.