Tambah 19 Guru Besar, Unila Jadi Punya 96 Guru Besar

Pengukuhan guru besar Unila/Tuti
Pengukuhan guru besar Unila/Tuti

Universitas Lampung (Unila) mengukuhkan 19 guru besar dari berbagai bidang keilmuan. Guru besar terdiri dari empat guru besar dari FKIP, enam guru besar FMIPA, tiga guru besar FEB, tiga guru besar FP, dan tiga guru besar FT. 


Plt Rektor Unila, Mohammad Sofwan Effendi mengatakan dengan bertambanhnya 19 guru besar ini, maka total guru besar yang dimiliki Unila berjumlah 96 orang. Menurutnya masih terdapat sejumlah guru besar yang belum dikukuhkan karena masih ada di Jepang dan menunggu SK. 

“Masih ada kira-kira 6 lagi yang masih proses finalisasi, kalau sesuai rencana Desember ini akan bertambah 8 guru besar,” kata Mohammad Sofwan Effendi, Rabu (30/11). 

Menurutnya, pengukuhan guru besar ini merupakan langkah awal seorang dosen menjadi peneliti yang bekerjasama dengan industri. Sehingga diharapkan guru besar dapat semangat dalam menciptakan inovasi. 

“Kalau bicara guru besar itu memiliki 2 tugas yakni menciptakan doktor di bidang kepakarnya, dan harus menghasilkan produk riset yang dapat dihilirisasi oleh masyarakat atau industri,” ujarnya.

Selain itu, guru besar juga memiliki kewajiban khusus yakni publikasi nasional 1 karya ilmiah selama 3 tahun dan satu publikasi buku yang bisa menjadi referensi. Jika tidak terpenuhi maka akan mendapatkan teguran dalam tiga bulan pertama. 

“Jika satu tahun tidak dipenuhi maka tunjangan fungsional akan diberhantikan. Hal ini saya rasa bisa membuat makin semangat berinovasi,” jelasnya.

Diketahui 19 guru besar yang dikukuhkan yakni Prof. Dr. Flora, M.Pd, Prof. Dr. Noviany, S.Si., M.Si, Prof. Drs. Admi Syarif, Ph.D, Prof. Dr. Herpratiwi, M.Pd, Prof. Dr. Lusmeilia Afriani, D.E.A, Prof. Dr. Kamisah Delilawati Pandiangan, S.Si., M.Si, Prof. Dr. Emantis Rosa, M. Biomed, Prof. Dr. Ir. I Gede Swibawa, M.S. 

Kemudian Prof. Dr. Abdurrahman, M.Si, Prof. Dr. Ir. Agus Haryanto, M.P, Prof. Dr. Ir. Kordiyana K. Rangga, M.S, Prof. Dr. Ambya, S.E., M.Si, Prof. Dr. Rindu Rika Gamayuni, S.E., M.Si, dan Prof. Dr. Ir. Chatarina Niken Dwi Wahyuni Setya Budi Utami, M.T.

Prof. Drs. Andi Setiawan, M.Sc., Ph.D, Prof. Dr. Muhammad Fuad, M. Hum, Prof. Dr. Sumardi, M.Si, Prof. Dr. Susi, S.E., M.B.A., Ph.D.C.A, dan Prof. Dr. Dra. Maria Erna Kustyawati, M.Sc.