Tanggamus Diguyur DAK Rp7,4 Miliar untuk Perumahan di 5 Kecamatan Kumuh

Kabid) Penyediaan Perumahan, Ari Yuda/ Zairi
Kabid) Penyediaan Perumahan, Ari Yuda/ Zairi

Bidang Penyediaan Perumahan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Tanggamus, mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2022 sebesar Rp7,4 Miliar.


Kepala Bidang (Kabid) Penyediaan Perumahan, Ari Yuda mengatakan, tahun 2022 DAK akan dialokasikan untuk pengadaan perumahan kategori Pembangunan Baru (PB) yang akan disebar di lima kecamatan.

Lima kecamatan yang akan mendapatkan program tersebut, adalah kecamatan yang sudah mendapatkan SK Bupati Tanggamus sebagai Kecamatan Kumuh, yaitu Kecamatan Wonosobo, Kota Agung Barat, Kota Agung, Gisting dan Kecamatan Talang Padang.

Dijelaskan Ariyuda, sarat untuk mendapatkan program pengadaan perumahan Pembangunan Baru yaitu, masyarakat berpenghasilan rendah, sudah berkeluarga dan memiliki KTP dan Kartu Keluarga, belum memiliki rumah sendiri, memiliki lahan sendiri, memiliki swadaya serta mendapat rekomendasi dari Kelurahan atau Kepala Pekon setempat.

"Untuk besaran nilai penerima manfaat PB sebesar Rp.30 juta, dengan rincian Rp 21 juta berasal dari Dana Alokasi Khusus yang bersumber dari Angaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) ditambah dari Angaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp 9 juta," jelas Ariyuda kepada kantor berita RMOLLampung, Senin (18/10). 

Menurut dia, nilai di atas mengacu pada data yang sudah terealisasi tahun lalu, kedepan apakah akan ada aturan baru dirinya belum tahu, sementara sumber dana dari APBD Tanggamus masih akan dibahas.

Ditambahkannya, bidang penyediaan perumahan akan memprioritaskan PB tersebut, bagi yang sudah terdaftar di Sistem Informasi Bantuan Perumahan (Sibaru) atau yang sudah mendaftar dari tahun-tahun sebelumnya. Karenanya dirinya berharap bagi yang dulu pernah mendaftar, untuk mendaftarkan kembali untuk dilakukan verifikasi.