Tanggamus Zona Merah, Hari Ini Bertambah 29 Positif Covid-19

Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tanggamus, Eka Priyanto/Ist
Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tanggamus, Eka Priyanto/Ist

Kenaikan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 mengubah status Kabupaten Tanggamus dari zona orenye menjadi zona merah.


Juru bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tanggamus, Eka Priyanto dalam rilisnya mengatakan, hari ini, Selasa (27/7) terdapat penambahan 29 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Tanggamus.

"Saat ini keseluruhan mencapai 1.486 pasien kasus terkonfirmasi positif, 1329 pasien selesai dilakukan isolasi (sembuh) 106 pasien sedang dalam perawatan dan 51 pasien meningal dunia," terangnya.

Penambahan kasus tersebut merupakan kasus baru yang merupakan kasus bergejala, yang disertai penyakit penyerta, oleh keluarga dibawa berobat ke rumah sakit, kemudian dilakukan serangkaian pemeriksaan dengan hasil RDT-Antigen Reaktif, kemudian dilanjutkan pemeriksaan RT-PCR dengan gejala mengarah infeksi covid. Oleh rumah sakit setempat pasien dilakukan perawatan isolasi.

"Sementara untuk pasien bergejala ringan melakukan isolasi lanjutan di rumah dengan mengikuti ketentuan dan mematuhi protokol Kesehatan yang sudah ditentukan oleh Satuan Tugas Tanggamus," jelasnya.

Langkah tindaklanjut yang akan dilakukan,  tracing kepada yang kontak erat, penyemprotan disinfektan dilingkungan paaien, serta melakukan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penularannya dengan menerapkan 5 M.