Tanggapi Aksi Penolakan, Komisi I: Beri Waktu Pj Kakon Rantautijang Bekerja

Yoyok Sulistyo)Ist
Yoyok Sulistyo)Ist

Aksi damai puluhan perwakilan Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat Pekon Rantautijang di kantor Kecamatan Pugung, menyampaikan aspirasi menolak Hendra, sebagai Penjabat Kepala Pekon (Pj Kakon) mereka mendapat tanggapan anggota DPRD Tanggamus.


Dikatakan anggota Komisi I Yoyok Sulistio, jika mengacu pada regulasi yang ada, Pemberhentian dan Pengangkatan Pj Kakon merupakan kewenangan otonom Bupati. Terkait itu mungkin bupati selaku atasannya sudah mempunyai catatan sumberdaya manusia ke pemimpinannya.

"Tidak ada yang dilanggar bupati dalam pelantikan itu, Pj Kakon yang ditunjuk berasal dari struktural pemerintahan Pemkab Tanggamus," jelasnya kepada kantor berita RMOLLampung, Minggu (16/1).

Dirinya berharap kepada masyarakat pekon Rantautijang untuk melihat obyektifitas kerjanya dulu, jika ke depan kinerjanya tidak memenuhi harapan masyarakat, barulah para tokoh-tokoh tersebut mengajukan calon pengantiny.  "Komisi I siap mendampingi," tegasnya. 

Saat ini dirinya tidak bisa memutuskan langkah apa yang nantinya akan dilakukan komisi I. Sebab dirinya akan berkoordinasi dulu dengan koleganya di komisi, apakah dipandang perlu untuk memangil pihak-pihak terkait.

Sebelumnya, puluhan perwakilan Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat Pekon Rantautijang Kecamatan Pugung, menggeruduk Kantor Kecamatan setempat. Mereka menyampaikan penolakan Hendra menjadi Pj Kakon mereka.