Tanggul Way Semaka Jebol, Air Rendam Pemukiman Dan Jalan

Hujan deras yang menguyur wilayah Tanggamus, khususnya Kecamatan Semaka, mengakibatkan Way Semaka meluap dan merendam permukiman warga dan jalan raya. Juga terjadi tanah longsor di Pekon Sedayu, Kamis (9/1).


Kepada Kantor Berita RMOLLampung, Ijal, warga setempat via sambungan telpon mengatakan, hujan dengan intensitas lebat menguyur Kecamatan Semaka sekira pukul 15.00. Setengah ja, kemudian, air Way Semaka meluap dan mengenangi jalan raya dan permukiman warga.

Ia mengatakan, tanggul penahan air yang ada di Pekon Way Kerap Mulang Maya, dan Way kerap Banding Agung, jebol. Sehingga air meluap dan merendam rumah warga dengan ketingian lutut sampai pingang orang dewasa. "Tidak korban jiwa dalam musibah ini, satu tiang listrik," jelas Ijal.

Warga lain Misnan warga Pekon Mulangmaya mengatakan, memang sudah menjadi langganan banjir setiap kali turun hujan dengan intensitas tingi, karena secara geografis pekon ini berada di dataran rendah. Ini diperparah dengan jebolnya kedua tanggul penahan air tersebut.

Ia mengatakan, sebagian warga yang rumahnya terendam banjir, mengungsi ke rumah kerabat mereka. Sebagian bertahan dan bergotong royong membersihkan sampah-sampah yang menyumbat pada aliran air.

Sementara Penjabat Kepala Pekon Way Kerap Mulangmaya Aripin, saat dihubungi handphone nya 0852690970xx meski aktif tidak diangkat.