Teguh Santosa: Melukislah Dengan Kata-Kata

Wartawan kerap menarasikan laporan tidak lagi kreatif dan inovatif. Terlebih ketika mata masyarakat tidak lagi peduli dengan reportase peristiwa yang mendalam. Semua menjadi instan.


Pernyataan CEO RMOL Network Teguh Santosa sontak memecah kebekuan puluhan wartawan Kantor Berita RMOLJabar yang tengah mengikuti Rapat Kerja dan Gethering 2019.

Petuah Teguh seakan menghangatkan suasana dingin yang menusuk kulit akibat gerimis yang mengguyur wilayah Ciwidey, Kabupaten Bandung, sejak sore.

Kalimat demi kalimat yang mengalir membuat kedahagaan para peserta terobati, ditengah kegersangan stagnasi jurnalistik dan kebosanan masyarakat hingga kaum milenial.

"Berita itu ibarat sebuah lukisan yang dibentuk dari kata-kata saat melakukan reportase sebuah peristiwa," ujar Teguh di Ballroom Hotel Sindang Reret Ciwidey, Sabtu (14/12) malam.

Teguh berharap, seluruh wartawan di RMOL Network dapat menjadi juru tulis yang terus mengembangkan diri dalam melukis reportase.

Sehingga RMOL Network tidak hanya sebatas media terpandang, namun juga memiliki peran dalam mendorong kecerdasan masyarakat di setiap wilayah.