UKPM Teknokra Unila Nonton Bareng Dan Bahas Kesaksian TWK KPK

Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Unila akan mengadakan nonton bareng dan diskusi film "KPK The End Game" gratis dan terbuka untuk umum, di Graha kemahasiswaan lt 2 Unila, Sabtu (5/6) pukul 19.30 WIB.


Pemimpin Umum UKPM Teknokra Andre Prasetyo menjelaskan, film "KPK The End Game" ini merupakan film dokumenter karya Watchdoc yang berisi tentang kesaksian pegawai KPK yang dinyatakan tidak lulus Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Ia mengajak mahasiswa dan masyarakat untuk ikut mengikuti isu-isu nasional, terutama persoalan 75 pegawai KPK yang tak lolos TWK untuk menjadi ASN, 51 dipecat. 

Alasannya, ke-51 pegawai tersebut tidak lolos uji pada materi utama yaitu PUNP alias Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, NKRI, dan pemerintah yang sah. Sementara 24 lainnya disebut masih bisa diselamatkan. 

"Film ini berisi tentang pengakuan Novel Baswedan dan kawan-kawan atas hal-hal yang tidak wajar di KPK selama mereka bekerja menangani kasus korupsi. Apa sebenarnya yang terjadi pada KPK?" kata Andre, Kamis (3/6).

Usai nonton bareng, diskusi akan dipandu oleh Kepala Puslitbang Teknokra Faizzi Ardhitara dengan narasumber Chandra Muliawan, Direktur LBH Kota Bandarlampung dan Ridho Asdiansyah, Peneliti Puskamsikam  Fakultas Hukum Unila. 

Film KPK The End Game ini akan menampilkan 16 wawancara ekslusif di depan kamera para pegawai KPK yang dipecat. Watchdoc merilis setidaknya sudah ada 200 titik nonton bareng film ini yang tersebar di Indonesia, setengahnya dilaksanakan serentak tanggal 5 dan 6 Juni 2021.