Teknokra Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional Via Daring 

Pelatihan jurnalistik secara daring/Repro
Pelatihan jurnalistik secara daring/Repro

Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung (Unila) melaksanakan kegiatan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional (PJTLN) Jurnalis Mahasiswa Nusantara (Jumantara) 2020.


Pelatihan dengan tema “Konservasi Lingkungan Laut” secara virtual dari Jumat hingga Minggu (23-25/10).

Pemimpin Umum UKPM Teknokra, Chairul Rahman Arif (Peternakan ’16) mengatakan PJTLN ini adalah kegiatan tahunan, namun karena masih Covid-19, sehingga dilakukan secara virtual. 

“Diharapkan kegiatan ini tidak mengurangi esensi utama walaupun dilakukan secara daring dan diharapkan semua peserta PJTLN mampu menggali ilmu terkait jurnalisme konservasi laut dengan baik,” ucapnya.

Sementara, Dewan Pembina UKPM Teknokra, M. Thoha B. Sampoerna Jaya berpesan, pers mahasiswa diharapkan mampu menyajikan dan membuat berita yang berkualitas dan tidak mengutamakan opini. Sehingga, akan menciptakan berita yang baik.

“Dengan adanya teknologi membuat kita menjadi tahu berbagai macam informasi dari berbagai daerah, tanpa perlu mengunjungi daerah tersebut, dan dengan adanya persma menjadi peran sentral dalam kampus,” tuturnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unila, Prof. Yulianto berharap kegiatan ini mampu memberikan pengetahuan tentang dunia pers dan jurnalistik. Serta tahu bagaimana cara membuat dan menyampaikan berita yang baik pada khalayak.

Salah satu peserta, Maya Aulia Sondari (UKPM Kronika) mengatakan penyampaian materi mudah dimengerti karena menggunakan gaya bahasa yang lugas dan isi materi yang padat.

“Semoga acara bisa berjalan lancar hingga hari penutupan dan tidak ada kendala dan bisa menjalin silaturahmi setelah acara berakhir,” harapnya.