Temui Kajari Bandar Lampung, Bawaslu Koordinasi Pembentukan Sentra Gakkumdu

Bawaslu Bandar Lampung melakukan audiensi dengan Kejari Bandar Lampung / istimewa
Bawaslu Bandar Lampung melakukan audiensi dengan Kejari Bandar Lampung / istimewa

Bawaslu Kota Bandar Lampung menemui Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Helmi ditemani Kepala Seksi Pidana Umum (Kasipidum) B Harahap dan Kepala Seksi Intelijen Rio Irawan P. Halim, Jum'at (29/7).


Pertemuan dalam rangka kunjungan kerja dan koordinasi ini dilakukan menjelang tahapan Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2024 yang dimulai tanggal 1 Agustus 2022.

Bahasan utama dalam pertemuan itu terkait  persiapan pelaksanaan pengawasan tahapan Pemilu tahun 2024 khususnya terkait permintaan personil Sentra Gakkumdu (Penegakkan Hukum Terpadu).

Ketua Bawaslu Bandar Lampung, Candrawansah mengatakan sinergitas 3 lembaga yang bernaung dalam Sentra Gakkumdu, yakni Bawaslu, Kejaksaan dan Kepolisian sangat dibutuhkan agar penanganan pelanggaran Pemilu berjalan lancar.

Kajari Bandar Lampung, Helmi menyambut baik dan siap membantu, mendukung persiapan pelaksanaan pengawasan tahapan Pemilu Tahun 2024 sesuai dengan kewenangannya.

“Perlu ada persamaan persepsi antar unsur dalam Sentra Gakkumdu sejak awal, sehingga penerjemahan redaksional hukum bisa langsung ditindaklanjuti baik dari unsur Pengawas Pemilu, Penyidik Kepolisian maupun Kejaksaan,” jelas Helmi. 

Sementara itu, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Bandar Lampung, Yahnu Wiguno Sanyoto menambahkan, pada Rakernis Penanganan Pelanggaran beberapa waktu pihaknya telah menyampaikan beberapa poin evaluasi dan penguatan keberadaan Sentra Gakkumdu berkaca dari Pemilu 2019.

"Harapannya agar dapat menjadi bahan evaluasi pada Pemilu 2024 mendatang," kata dia.