Terima Gelar Lampung, Anies Baswedan Diharapkan Bisa Tata Negara Lebih Baik Lagi

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menerima gelar adat Lampung/ist
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menerima gelar adat Lampung/ist

Budayawan Lampung, Ansori Djausal menyambut baik gelar yang diberikan Pemerintah Kabupaten dan Federasi Adat Marga Empat (Marga Pak) Tulang Bawang Barat kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan yakni Tuan Penata Negarou.


Menurutnya, pemberian gelar di Lampung bisa diambil dari leluhur seperti Negeri Inggris. Namun kalau pemberian gelar Anies Baswedan bisa dikaitkan dengan jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta. 

"Namanya juga doa, jadi diharapkan Pak Anies bisa menata negara lebih baik lagi. Seperti seorang anak diberikan nama yang bagus itu doa orang tua agar nantinya jadi bagus," kata Ansori Djausal kepada Kantor Berita RMOLLampung, Minggu (8/5). 

Lanjutnya, dengan telah menerima Tuan Penata Negarou, maka Anis Baswedan resmi menjadi warga atau saudara Marga Pak Tulang Bawang Barat.  

"Artinya Anies Baswedan resmi menjadi warga Lampung khusus warga Marga Pak Tulang Bawang Barat," ujarnya. 

Sementara itu, Anies Baswedan sangat mengapresiasi pemberian Gelar Adat Tuan Permata Negara dari Marga Pak Tulang Bawang Barat kepada dirinya.

Anies mengatakan sejarah pertama kali ke Tubaba saat mengantar puluhan sarjana berprestasi ke kabupaten Tubaba dalam program Indonesia Mengajar.

"Ini suatu kebanggaan tersendiri saya bisa kembali datang ke Tulangbawang Barat," ujar Anies di Sesat Agung Bumi Gayo, Tubaba, Minggu (8/5).