Terima Penghargaan Internasional, Khorik Dan YSC Siap Pelopori Sanitasi Aman

Ketua YSC, Khorik Istiana/ Tuti
Ketua YSC, Khorik Istiana/ Tuti

Sanitasi bukanlah isu yang seksi. Bahkan terkadang tabu untuk dibicarakan. Namun, Khorik Istiana (26) bersama komunitasnya Youth with Sanitation Concern (YSC), menjadikan isu tersebut mudah diterima milenial.


Hal ini membawa Khorik Istiana memperoleh penghargaan Ton Schouten Award Wash Storytelling 2021 dari IRC yang berpusat di Belanda.

“Ini menjadi pemicu bagi saya untuk lebih baik lagi menyuarakan isu sanitasi di masyarakat, khususnya kepada kaum muda," kata Khorik kepada Kantor Berita RMOLLampung, Jumat (4/6). 

Atas penghargaan tersebut, ia memperoleh uang 2.500 Euro dan juga pendampingan pembuatan produk komunitas. 

"Hadiah tersebut akan saya manfaatkan untuk mendukung visi dan misi YSC, yaitu menjadi pelopor sanitasi aman," ujarnya. 

Jane Nabunnya Mulumba, Liduin Schouten, Nick Burn dan Dave Trouba selaku panitia seleksi pun menyampaikan sanitasi seringkali dianggap tabu atau kurang trendi sebagai topik pembicaraan yang menarik, sehingga perlu dihadirkan secara kreatif untuk menarik dan menggerakkan masyarakat, khususnya anak muda. 

Kelompok pemuda sering kali dikucilkan secara sosial, terutama saat membahas WASH, tetapi upaya Khorik bersama temannya dalam percakapan tentang sanitasi yang dikelola dengan aman patut dipuji. 

“Khorik memiliki semangat dalam mengekspresikan tentang urgensi dan pentingnya masalah sanitasi yang muncul, disoroti dengan jelas dan dikomunikasikan dengan cara yang sangat orisinal,” ujar panitia seleksi melalui publikasi resminya.