Tidak Kuorum, Paripurna Pengesahan APBD Perubahan Diskors

Sidang paripurna DPRD Pringsewu/ Nurul Ikhwan
Sidang paripurna DPRD Pringsewu/ Nurul Ikhwan

Rapat Paripurna  Pengesahan RAPBD Perubahan tahun 2022 Kabupaten Pringsewu molor kurang lebih 4 jam dari jadwal yang sudah dagendakan pukul 08.30 WIB.


Selain molor dari jadwal yang sudah ditentukan rapat paripurna tersebut juga diskors karena jumlah anggota DPRD yang hadir tidak mencapai  2/3 dari jumlah 40 anggota DPRD yang ada

Pantauan Kantor Berita RMOLLampung di Gedung DPRD Pringsewu,Rabu (21/09) acara rapat  paripurna baru di mulai pukul 11.28 dihujani instruksi dari Fraksi Nasdem, PKS  Demokrat, PDI-P dikarenakan sebanyak 18 anggota DPRD tidak mengikuti rapat paripurna tersebut.

Fraksi Nasdem Rohmansyah mengatakan agar menyebutkan jumlah anggota DPRD yang hadir dan tidak hadir  karena berdasar tatib apakah rapat kuorom 

"Mohon izin ketua saya minta disebutkan berapa anggota DPRD yang hadir dan tidak hadir dalam rapat paripurna ini," pinta Rohmansyah.

Sementara Joni Sapuan dari Fraksi Demokrat mengusulkan supaya menyebutkan satu persatu anggota DPRD yang datang maupun tidak hadir supaya rapat paripurna dilaksanakan secara terbuka .

"Interupsi ketua supaya menyebutkan jumlah anggota DPRD yang hadir atau berhalangan karena berdasarkan tatib supaya rapat paripurna ini kuorum atau tidak kalau tidak kita skors," kata Joni Sapuan.

Kemudian Ketua DPRD Suherman menginstruksikan Sekretaris DPRD, Relawan agar membacakan semua anggota DPRD yang hadir mau pun yang tidak tidak 

"Saudara Sekwan silahkan membacakan semua anggota DPRD," ujar Suherma memberi perintah kepada Relawan.

Lalu Relawan menyebutkan semua jumlah anggota DPRD Kabupaten Pringsewu. Diketahui berdasarkan laporan dari Sekwan DPRD setempat saat membacakan nama nama anggota DPRD.

Dari  jumlah 40 anggota DPRD yang hadir dalam rapat paripurna RAPBD Perubah tahun 2022 , 22 anggota hadir, 3 izin dan 15 anggota DPRD tidak hadir tanpa keterangan 

Karena rapat paripurna itu  dianggap tidak kuorum jumlah anggota DPRD yang hadir tidak mencapai 2/3.Maka menjelang pukul 12: 00 WIB, Ketua DPRD Pringsewu Suherman mengintruksikan agar sidang di tunda selama 15 menit.

"Sambil menunggu anggota yang lain mungkin ada yang masih di jalan maka sidang ditunda selama 15 menit," kata Suherman.