Tiga Warga Gedongtataan Positif Covid-19

Hasil rapid test massal yang digelar Tim Gugus Tugas Percapatan Penanganan Cobid-19 dan Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran di Pasar Gedongtataan, Kamis (16/7), tiga orang warga Gedongtataan dinyatakan positif Covid-19.


Hal tersebut diungkapkan Juru bicara Tim GTPP Covid-19 , dr Aila Karyus, Sabtu (18/7).

"Ya tiga orang warga kecamatan gedongtataan dinyatakan positif Covid-19," ungkap Aila.

Aila mengatakan, ketiga orang tersebut masing-masing adalah, S (39), NR (46) dan juga NN (54) yang kesemuanya berjenis kelamin perempuan. Ketiganya merupakan pedagang di pasar sukaraja, kecamatan gedongtataan.

Dia menerangkan, ketiganya terdeteksi Covid-19 setelah sebelumnya Tim GTPP Covid-19 Kabupaten Pesawaran dan juga Dinkes kabupaten setempat melakukan rapid test secara masal pasar Sukaraja beberapa hari yang lalu.

"Ya, Tim GTPP Covid-19 Kabupaten Pesawaran dan GTPP Provinsi Lampung melakukan skrining dengan rapid test terhadap pedagang dan pelaku pasar lain seperti tukang becak, petugas parkir dan pengunjung pasar, pada hari kamis kemarin," kata Aila.

"Waktu itu, ada sebanyak 316 orang yang sebagian besar adalah pedagang di pasar telah dilakukan pemeriksaan rapid test. Dari 316 orang yang diperiksa, 3 orang diantaranya menunjukkan hasil reaktif," lanjutnya.

Hingga akhirnya, dilakukan pemeriksaan swab dan tracing terhadap ketiga pasien tersebut.

"Setelah dilakukan swab terhadap ketiga pasien, pada hari Jumat (17/7) sekitar pukul 15.30 WIB, Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran mendapatkan informasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Lampung bahwa hasil swab dinyatakan konfirmasi tanpa gejala positif Covid-19 untuk pasien S dan juga NR," terang dia.

Kemudian Aila melanjutkan, pada hari Sabtu (18/7) dirinya kembali mendapatkan informasi berdasarkan hasil swab terhadap NN juga dinyatakan konfirmasi tanpa gejala positif Covid-19.

"Mengetahui hal itu, kami juga telah melakukan tracing terhadap pasien tersebut yaitu S, NR dan NN dengan melakukan rapid test terhadap kontak erat (keluarga) sebanyak enam orang dengan hasil semua non reaktif," jelasnya.

"Tim GTPP Covid-19 juga akan melakukan tracing lanjutan dan penyelidikan epidemiologi untuk mengetahui siapa saja yang pernah kontak erat dengan yang konfirmasi positif selama 14 hari sebelumnya," tutupnya.

Untuk saat ini, ketiga pasien tersebut dalam keadaan baik dan sedang melakukan isolasi di rumah sakit.