Tim Basket Unila dan Teknokrat Belum Berhasil ke 8 Besar, Irfan Gani: Jadi Cambuk Evaluasi 

Puan Maharani Cup 2022
Laga Tim Basket Unila versus Unsada Jakarta/ Ist
Laga Tim Basket Unila versus Unsada Jakarta/ Ist

Langkah tim basket Unila dan Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) untuk terus melaju pada Kejuaraan Basket antar perguruan tinggi se-Indonesia merebutkan Puan Maharani Cup 2022 di Jakarta, akhirnya terhenti.


Kedua tim belum berhasil masuk 8 besar. Pada laga 16 besar Kamis (15/9) petang di GOR Bulungan Jakarta Selatan, tim Unila harus mengakui keunggulan tim Universitas Dharma Persada Jakarta. Sedangkan tim UTI dikalahkan tim Universitas Pelita Harapan Tangerang.

Tim UTI menghadapi UPH Tangerang/ Ist

Menurut Ketum Pengda Perbasi Kota Bandar Lampung, Irfan Gani, beda level tim sangat memengaruhi hasil akhir sebuah turnamen. Beda level ini bisa terjadi karena  kualitas pelatih, sarana dan kompetisi yang belum teratur atau berkesinambungan.

"Terhentinya dua tim itu mesti jadi cambuk segera melakukan evaluasi secara komprehensif atas pembinaan dan penyediaan fasilitas, sarana dan prasarana basket utamanya di Bandar Lampung dan Lampung secara umum," jelas Irfan, Jumat (16/9).

Irfan yang beberapa kali sebagai pengurus Pengda Pelti Lampung (tenis) dan Pengda PGI (golf) Lampung menyebutkan sangat dibutuhkan peran pemerintah daerah dan swasta dalam mendukung basket. Peran itu berkolaborasi dengan pengda selaku induk olahraganya.

Terutama, pemerintah bisa menyediakan fasilitas sarana GOR khusus basket, sebab sekarang Saburai sudah tidak bisa lagi digunakan. "Sehingga untui event yang standar susah dilaksanakan," jelas Komisaris Utama PT Arofah Tours Lampung ini.

Dukungan pihak swasta lanjut Irfan bisa dalam bentuk penyelenggaraan/sponsor kegiatan turnament secara rutin, guna pembinaan basket yang berkesinambungan. Sehingga prestasi basket Lampung bisa meningkat dan bersaing dengan daerah lain terutama pebasket di Jawa.

"Peran seluruh staekholder, pemerintah, swasta dan induk olahraga untuk saling kolaborasi guna pencapaian hasil yang optimal meraih prestasi. Tanpa support tersebut harapan prestasi yang membanggakan akan jauh kita capai," demikian Irfan.

Turnamen bola basket antarperguruan tinggi seluruh Indonesia bertajuk Puan Maharani Cup 2022 diselenggarakan pada 9-18 September 2022 dan diikuti oleh 24 tim putra dan 12 tim putri.

Puan Maharani Cup 2022 akan bertempat di tiga lokasi yaitu Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brojonegoro Kuningan dan di GOR Basket Bulungan untuk babak penyisihan, dan Hall Basket Gelora Bung Karno (GBK) untuk babak semifinal dan babak final.

Selain mendapatkan piala, medali dan sertifikat, juara I, II dan III masing-masing kategori akan mendapatkan uang pembinaan dengan total senilai Rp150 juta.