Tim Loekman Diduga Bagikan Bahan Kampanye Di Masjid, Bawaslu: Bisa Sanksi Pidana

Pembagian daging di Masjid Istiqlal/Ist
Pembagian daging di Masjid Istiqlal/Ist

Calon Bupati Petahana Lampung Tengah, Loekman Djoyosoemarto diduga telah melanggar peraturan kampanye saat membagikan daging sapi di Masjid Agung Istiqlal Bandarjaya.


Diketahui, Sabtu (17/10) lalu Loekman yang baru sembuh dari sakitnya, memotong seekor sapi untuk dibagikan dagingnya kepada masyarakat tidak mampu sebagai nazar (Janji) jika telah pulih dari sakit.

Namun, di sela membagikan potongan daging ada salah satu tim dari Loekman-Ilyas diduga membagikan atribut kampanye berupa kaos yang bergambarkan calon nomor urut satu  (Loekman-Ilyas).

Saat dikonfirmasi perihal tersebut, Ketua Bawaslu Lampung Tengah, Harmono mengaku belum menerima informasi tersebut.

Harmono juga mengatakan di dalam peraturan dilarang untuk berkampanye maupun membagikan bahan kampanye di tempat ibadah.

"Saya belum menerima kabar itu, mungkin masih di divisi pengawasan tapi secara aturan di tempat ibadah (Masjid) itu termasuk tempat yang dilarang untuk berkampanye, jadi membagi bahan kampanye ditempat ibadah jelas tidak boleh (melanggar) dong," ujarnya, saat dihubungi, Selasa (20/10).

'Jika terbukti, calon petahan tersebut dapat dikenakan sanksi pidana karena melakukan pelanggaran, jika terbukti ya!," demikian Harmono.