Tingkat Kehadiran ASN Sejumlah OPD Pesawaran Capai 98 Persen

Plt Sekdakab Pesawaran Syukur saat sidak di Dinas PUPR/ Rama
Plt Sekdakab Pesawaran Syukur saat sidak di Dinas PUPR/ Rama

Pastikan tingkat kehadiran aparatur sipil negara (ASN) setelah libur Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, Pemkab Pesawaran melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab setempat.


Dikatakan Pelaksana Tugas (Plt) Sekdakab Pesawaran Syukur, dari sidak ke beberapa OPD seperti Dinas PUPR, Dinas Perumahan dan Permukiman, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, tingkat kehadiran pegawai, tingkat kehadiran ASN dan tenaga kontrak mencapai rata-rata 98 persen.

"Dari hasil kita sidak, Alhamdulillah tingkat kehadiran rata-rata mencapai 98 persen sudah masuk kerja, termasuk di Disdikbud," kata Syukur, Senin (9/5).

Ia mengatakan, meskipun ada kebijakan relaksasi pasca libur lebaran, namun bukan berarti ASN yang masih terjebak mudik dapat memperpanjang masa liburan.

"Memang ada kebijakan relaksasi dari pemerintah, dikarenakan adanya kemacetan selama mudik, tapi yang harus diingat, kebijakan tersebut bukan memperpanjang (masa liburan, Red), jangan sampai besok lusa, malah belum masuk kerja," ujarnya.

Menurutnya, hasil sidak ini tidak serta merta akan diberikan sanksi bagi ASN yang belum masuk kerja, nanti pihaknya akan melihat faktor yang menjadi penyebab keterlambatan ASN yang belum masuk kerja. Mengingat, dengan adanya kebijakan relaksasi, dikhawatirkan ASN masih terjebak kemacetan saat mudik dari luar daerah

"Kita lihat terlebih dahulu keterangannya apa, jadi tidak langsung memberikan sanksi, kalau dia (ASN) itu baru pulang dari Surabaya misalnya, tentu akan diberikan pertimbangan, kemudian ada pegawai di ASN yang tidak masuk hari ini dikarenakan cuti hamil, kalau itu tentu ada ketentuan yang berlaku," pungkasnya.