Tokoh Masyarakat Minta Kakanwil Evaluasi Kinerja Kakan Kemenag Pesawaran

Erland Syofandi/ Rama
Erland Syofandi/ Rama

Tokoh masyarakat Kabupaten Pesawaran meminta Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Lampung, Juanda Naim untuk mengevaluasi kinerja Kepala Kantor (Kakan) Kemenag Kabupaten Pesawaran, Wasril Purnawan yang dinilai buruk.


Hal tersebut dikatakan Erland Syofandi menanggapi masalah bangunan Madrasah Ibtidaiyah Jamiatul Islamiyyah (MI-JI) Desa Teba Jawa Kecamatan Kedondong yang nyaris ambruk atapnya dan dapat membahayakan siswa.

"Itu kan berbahaya, kok sudah lama rusak tapi tidak ada tindakan, baru bergerak setelah warga gotong royong," sesal Erland, Rabu (24/11) di kediamannya.

Erland menegaskan, hal tersebut menandakan ketidak cakapan Kepala Kantor Kemenag Pesawaran dan dia menilai Wasril Purnawan tidak tanggap dengan suatu persoalan di wilayah kerjanya.

"Mau disebut apa kalau seperti itu, kinerjanya bagus atau seperti apa? Sebagai pemimpin harusnya responsif, karena itu menyangkut keselamatan siswa," tegasnya.

Karenanya dia meminta Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Lampung bisa mengevaluasi kinerja bawahannya di daerah.

"Kalau tidak sanggup jadi Kepala ya diganti saja atau mundur, tegas saya katakan karena ini menyangkut nasib dan keselamatan putra putri Pesawaran," ujarnya.

"Kalau dana BOS, siapapun Kepala Kemenag ya pasti ada dana BOS itu, karena memang kewajiban Kementrian, yang saya maksud kinerja dia dibawah, masa iya ada sekolah mau roboh diam saja," pungkasnya.