Tolak Wacana Konvensi Capres NU, Nusron Wahid: Saya Ndak Sepakat Dengan Itu

Mantan Ketum GP Ansor, Nusron Wahid./Repro
Mantan Ketum GP Ansor, Nusron Wahid./Repro

Politisi Golkar yang juga mantan Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor Nusron Wahid menolak wacana konvensi nasional calon presiden dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Ia juga tidak mau namanya dikait-kaitkan sebagai salah satu kandidat Capres dari NU.


Penolakan itu disampaikan Nusron menanggapi beredarnya flyer tentang rencana agenda konvensi nasional Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) untuk menyiapkan calon di Pilpres 2024 mendatang. Nusron mengaku tidak tahu menahu dengan beredarnya flyer yang disebutkan diselenggarakan oleh tim 9 PBNU.

Beberapa nama yang muncul di flyer itu diantaranya: Said Aqil Siraj, Khofifah Indar Parawangsa, Abdul Muhaimin Iskandar, Yeni wahid, As'ad Said Ali, Mahfud MD, Ida Fauziah, Wahidudin Adam, Nazarudin Umar, Andi Jamaro Dulung, Ali Maskyur Musa, Nusron Wahid, hingga Yaqut Cholil Qoumas.

"Saya tidak ikut-ikutan. Saya kan kader Golkar. Saya akan mendukung Pak Airlangga Ketum Partai saya saja," ujar Nusron seperti dikutip Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (1/6).

Nusron juga tidak sepakat, jika NU menggelar konvensi Capres. Ia meminta wacana itu sebaiknya dihentikan saja.

"Saya ndak ikut-ikutan, dan ndak sepakat dengan itu," ungkap Nusron.

Pilihannya sudah bulat. Yakni mendukung Ketua Umum Partai Gkar Airlangga Hartarto sebagai Capres Golkar 2024 mendatang. Nusron yakin, Airlangga punya potensi menjadi capres kuat di Pilpres 2024.

Ditambahkan Nusron, dari silsilah leluhur Jawa, Airlangga merupakan pemangku makam Ki Ageng Gribig, Jatinom, Klaten, Jawa Tengah. Ki Ageng Gribig adalah cucu Prabu Brawijaya dari Kerajaan Majapahit, putra dari R.M. Guntur atau Prabu Wasi Jolodoro.

“Apalagi, Pak Airlangga secara kultural yaa wong NU juga. Beliau itu keturunan mbah Gribig (Kyai Ageng Gribig) Jatinom Klaten. Masak diragukan NU nya. Jadi jelas, capres yang saya dukung itu Ketum Golkar, Pak Airlangga," tegas mantan Ketua Umum GP Ansor ini.

Pantauan Kantor Berita Politik RMOL selain flyer, juga muncul polling tentang 13 tokoh NU yang disebutkan akan ikut konvensi capres tersebut. Hingga Selasa (1/6) pukul 19.00 WIB, tercatat ada 2.694 suara yang menyalurkan aspirasinya.

Hasil sementara Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar mendapatkan 1.328 suara dengan persentase 49,2 persen. []