Triwulan Ketiga 2021, Jumlah Pemilih di Lampung Tengah 928.466

Rakor PDPB Lampung Tengah/Ist
Rakor PDPB Lampung Tengah/Ist

KPU Lampung Tengah pada triwulan ketiga 2021 menetapkan daftar pemilih sebanyak 928.466. Hal tersebut disampaikan dalam rapat koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) pada Senin (4/10). 


“Berdasarkan Berita Acara Nomor 84/PL.02.1-BA/1802/2021, data pemilih berkelanjutan di triwulan III ini, Pemilih baru 207, tidak mememuhi syarat (TMS) 249 dan Perbaikan Data 0 (nol) tersebar di 28 Kecamatan se-Lampung Tengah," kata Anggota KPU Bidang Data dan Informasi Ade Ariyanto.

Pada rapat koordinasi yang digelar secara daring itu, Bawaslu Lampung Tengah juga menyampaikan hasil pengawasannya. Bahwa terdapat Pemilih Tidak Memenuhi Syarat (Meninggal Dunia) sebanyak 18 dan tersebar di 5 Kecamatan.

"Selanjutnya kami Meminta kepada Ketua KPU Kabupaten Lampung Tengah untuk menindaklanjuti sesuai ketentuan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku," bunyi surat rekomendasi yang ditantatangani ketua Bawaslu Lampung Tengah Harmono.

Kemudian, KPU Lampung Tengah menjelaskan bahwa Pemutakhiran data pemilih berkelanjutan ini merupakan kewajiban KPU. Karena Data pemilih terus bergerak, bisa berkurang dan bisa bertambah. 

"Seperti pindah datang, munculnya pemilih baru yang sudah berumur 17 tahun, lalu alih status dari TNI dan Polri yang pensiun menjadi masyarakat sipil," jelas Ade.

Pihaknya mengimbau masyarakat mau berperan aktif melakukan pemutakhiran data pemilih. Data yang akurat tidak hanya bergantung kepada upaya KPU melakukan update bekerja sama dengan Dinas Dukcapil, melainkan ada peranan masyarakat yang terlibat.

Diketahui, dalam rakor tersebut Bawaslu Kabupaten Lampung Tengah, Polres Kabupaten Lampung Tengah, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Lampung Tengah dan Ketua Partai Politik Se-Kabupaten Lampung Tengah. Serta dibuka langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Lampung Tengah, Irawan Indra Jaya.