Truk Tabrak Empat Gerbong KA, PT KAI Tuntut Ganti Rugi

Truk tengah mengangkut ronsongkan mobil/Foto RMOLLampung
Truk tengah mengangkut ronsongkan mobil/Foto RMOLLampung

Truk bermuatan semen menabrak rangkaian Kereta Api Batu Bara Rangkaian Panjang (KA Babaranjang) di KM 6+9 Blokpos GR, Jl.Ki Agus Anang, Garuntang,  Kota Bandarlampung, pukul 10.05 WIB.


Truk bermuatan semen menabrak rangkaian Kereta Api Batu Bara Rangkaian Panjang (KA Babaranjang) di KM 6+9 Blokpos GR, Jl.Ki Agus Anang, Garuntang,  Kota Bandarlampung, pukul 10.05 WIB.

Humas PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) IV Tanjungkarang Jaka Jarkasih mengatakan akan menuntut ganti rugi sopir dan pemilk truk BE-9137-Y akibat kerusakan empat gerbongnya.

Petugas membersihkN bekas tabrakan/Foto RMOLLampung

"Alhamdulillah sopir truk dalam kejadian ini selamat, karena saat mobilnya turun dia langsung lompat dan kereta api kosong tanpa muatan. Untuk perkembangan, akan dikabari lebih lanjut," kata Manajer Humas PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) IV Tanjungkarang Jaka Jarkasih.

Ia mengatakan awalnya truk tersebut melaju dari arah Jalan Bypas Soekarno Hatta, kemudian sudah berhenti di jalur kereta berjarak 50 meter. Namun dikarenakan kondisi jalan yang menurun, maka truk tersebut langsung meluncur ke arah rangkaian yang berjalan.

"Status jalur kereta yang dilewati resmi tidak di jaga, namun tetap dijaga dengan hasil swadaya masyarakat sekitar. Pihak PT. KAI akan segera menuntut ganti rugi, terhadap supir maupun pihak perusahaan pemilik truk tersebut," kata dia.

"Kejadian ini mengakibatkan empat gerbong kereta rusak dan patah bagian roda. Akibat kejadian ini, nilai kerugian PT. KAI masih dalam penghitungan," ucapnya.

 "Ketika turunan dan rem blong, sopir langsung loncat, dan truk terseret puluhan meter," terang Joko salah satu warga yang ada disekitar kejadian.

"Akibat kejadian ini tembok-tembok warga dan PT. KAI beberapa ada yang remuk karena benturan keras dari tabrakan tersebut. Truk sendiri dalam keadaan ringsek total," tutup Joko.