Unila Ajak Alumni Kembangkan Talenta Transformasi Digital

Sosialisasi FGA Goes to Campus/Tuti
Sosialisasi FGA Goes to Campus/Tuti

Universitas Lampung (Unila) bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) menggelar sosialisasi Fresh Graduate Academy (FGA) Goes to Campus untuk mengembangkan talenta transformasi digital.


Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unila, Prof Yulianto mengatakan program pelatihan Digital Talent School (DTA) FGA telah dimulai sejak 2020. Pada batch pertama tercatat 92 peserta pelatihan tersebut. 

"Di tahun ketiga, peminat pelatihan cukup banyak. Sejumlah peserta tercatat berhasil mendapatkan sertifikasi internasional dari perusahaan teknologi dunia," kata Prof Yulianto di Auditorium Pascasarjana FEB Unila, Selasa (21/6). 

Menurutnya, banyak keuntungan yang bisa didapatkan para alumni saat mengikuti pelatihan. Terutama berkesempatan untuk memiliki sertifikasi global secara gratis dan mampu bersaing di bidang industri digital dalam dan luar negeri.

“Kami mengimbau kepada seluruh dekan atau perwakilan dari kampus-kampus yang berasal dari Bandar Lampung agar bisa menyebarkan informasi ini kepada seluruh alumni dan mahasiswa tingkat akhir di perguruan tinggi masing-masing," ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kominfo, Hary Budiarto mengatakan dalam rangka mempersiapkan transformasi digital, Kominfo menggelar pelatihan untuk menyiapkan talenta digital. 

"Jika inflastruktur digital, pemerintah digital dan ekonomi digital telah siap, namun masyarakat digital tidak siap maka akan sia-sia. Sehingga pendekatan seperti pelatihan ini perlu dilakukan untuk menyiapkan talenta digital tersebut," jelasnya. 

Menurutnya, para alumni maupun mahasiswa tingkat akhir dapat memilih tema pelatihan FGA batch 3 seperti big data using python, CCNA network engineer, cyber security operation, IT fundamentals, dan lainnya. 

"Pendaftaran bisa langsung melalui website digitalent.kominfo.go.id. Pendaftaran akan ditutup hingga 25 Juni mendatang," ujarnya.