Unila Kukuhkan 85 Program Profesi Insinyur 

Unila Kukuhkan 85 Program Profesi Insinyur/Ist
Unila Kukuhkan 85 Program Profesi Insinyur/Ist

Persatuan Insinyur Indonesia (PII) bekerjasama dengan Universitas Lampung (Unila) berhasil mengukuhkan 59 insinyur kelas khusus Palembang dan 26 insinyur kelas kerja sama Waskita-Adhi di Swiss-BelHotel, Bandar Lampung, Minggu (7/11). 


Pengukuhan hari ini merupakan penyelenggaraan ketiga setelah sebelumnya kelas reguler pada 4 November 2021 dan kelas Kerja Sama PII Wilayah Lampung pada 5 November 2021, di Hotel Sheraton, Bandar Lampung.

Rektor Unila, Prof Karomani dalam sambutannya mengatakan pengukuhan program profesi insinyur ini merupakan bagian dari amanat Undang-Undang nomor 11 tahun 2014 tentang Keinsinyuran.

"Para insinyur sudah dinyatakan lulus diharapkan dapat bekerja sesuai dengan kode etik keinsinyuran. Fungsi dan peran insinyur sepenuhnya telah diatur dalam Undang-Undang nomor 11 tahun 2014," kata Prof Karomani. 

Sementara itu, Dekan Bidang Akademik dan Kerja Sama Fakultas Teknik (FT) Unila, Irza Sukmana mengatakan, profesi insinyur sangat penting dalam melaksanakan praktik di bidang keinsinyuran secara legal.

"Sementara para insinyur baru melalui program praktisi mengajar di kampus, dapat membimbing dan mengarahkan mahasiswa agar setelah lulus tidak menjadi beban bagi orang tua dan negara," ujarnya. 

Pengukuhan insinyur kelas khusus Palembang dan kelas kerja sama Waskita-Adhi KSP ini dilakukan langsung Wakil Ketua Umum PII Pusat, Danis Hidayat Sumadilaga.