Unila Terima Banyak Maba, Prof Karomani Sebut Bukan Sekadar Komersial

Prof. Karomani/ Tuti
Prof. Karomani/ Tuti

Universitas Lampung (Unila) masuk perguruan tinggi negeri (PTN) penerimaan SNMPTN terbanyak keempat. Tercatat ada 3.027 mahasiswa baru (Maba) melalui SNMPTN. 


Rektor Unila, Prof Karomani mengatakan penambahan kuota penerimaan Maba merupakan upaya meningkatkan angka partisipasi kasar (APK) pendidikan. Menurutnya APK pendidikan di Indonesia pada tingkat Asean masih rendah. 

"Persentase masyarakat Indonesia yang lulusan perguruan tinggi itu masih rendah, walaupun ada UI, tetap saja masih rendah," kata Prof Karomani, Selasa (5/4). 

Untuk itu, Unila membuka diri agar masyarakat bisa merasakan dunia pendidikan di perguruan tinggi negeri. Pihaknya membuka akses yang lebih agar APK bisa naik. 

"Jadi bukan untuk menambah PNBP, tapi membuka akses pendidikan selebar-lebarnya supaya APK pendidikan khususnya di Lampung bisa naik. Bukan untuk komersial, itu nomor ke sekian," ujarnya. 

Diketahui, Unila menargetkan menerima Maba 2022 Sebanyak 11.075. Dimana SNMPTN 3.063 Maba, SBMPTN 5.729 Maba dan Mandiri 2.283 Maba.