Universitas Teknokrat Kenalkan Fundamental UI/UX ke SMK Budi Karya Natar

Foto Humas Universitas Teknokrat Indonesia
Foto Humas Universitas Teknokrat Indonesia

Univesitas Teknokrat Indonesia (UTI) untuk kesekian kalinya menyelenggarakan program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Kali ini  ke SMK Budi Karya Natar Lampung Selatan, dengan tema Pengenalan Fundamental UI/UX dan Metaverse and 3D Printing for Education.


Kurang lebih sebanyak 35 siswa kelas XII dan 15 Guru Mata Pelajaran mengikuti kegiatan ini. Mereka sangat antusias dalam menerima materi, dikarenakan materi yang disampaikan merupakan inovasi baru yang nantinya bisa diterapkan di SMK Budi Karya Natar dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar. Untuk menunjang program ini, UTI membawa laptop dan tablet untuk guru dan siswa sehungga mereka langsung dapat mempraktekan secara langsung.

Laptop dan tablet yang dibawa merupakan Bantuan Penelitian dan Pengembangan Model Digitalisasi Pembelajaran dari Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Materi pertama tentang Fundamental UI/UX disampaikan olaeh Qadly Jafar Adrian, MIT. Pada materi ini menjelaskan tentang apa perancangan tampilan pengguna dan pengalaman pengguna dalam proses pembuatan aplikasi.

Selain dijelaskan tentang teori dasar UI/UX para siswa dan guru juga diberikan kesempatan untuk mempraktikan bagaimana membuat desain tampilan aplikasi yang baik dan bisa berinterkasi antar satu tampilan dengan tampilan lainnya.

Kemudian materi kedua disampaikan oleh Ade Dwi Putra, M.Kom., kali ini tentang Metaverse abd 3D Printing for Education. Tujuan dari materi ini adalah untuk mempermudah proses pembelajaran dalam hal memvisualkan suatu materi tertentu, misalkan saat memempelajari pengenalan anatomi tubuh bisa di tampilkan secara animasi dan jika ingin dilihat bentuk nyatanya objek animasi tadi bisa dicetak kedalam bentuk 3D.

Kegiatan ini merupakan wujud dari program Bantuan SMK Berbasis Revolusi Industri 4.0 tahun 2022, dimana salah satu program kegiatannya adalah mengadakan rangkauan kegiatan Penguatan Kompetensi Digital, hal ini disampaikan oleh Taufik Hidayat, ST., selaku Kepala SMK Budi Karya Natar Lampung Selatan.

Selain itu kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama Kemenko PMK RI, Forum Rektor Indonesia (FRI) dan Universitas Teknokrat Indonesia dalam program Penerapan Kurukulum Merdeka berbasis Teknologi Digital kepada Guru dan Siswa SMA/SMK di Provinsi Lampung.

Dr. H. Mahathir Muhammad, SE., MM. sebagai Wakil Rektor Universitas Teknokrat sangat mengapresiasi kegiatan ini. Sampai saat ini Universitas Teknokrat Indonesia masih akan terus mengembangkan penerapan teknologi untuk pendidikan dengan tujuan untuk perkembangan pendidikan di Indonesia.

Selain menyampaikan materi pengenalan UI/UX, Metaverse dan 3D Printing, di awal kegiatan juga diadakan penandatangan nota kesepahaman oleh pihak Universitas Teknokrat Indoensia dan Kepala Sekolah Taufik Hidayat, ST. terkait pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Harapannya dengan diadakan pengenalan UI/UX, Metaverse dan 3D Printing ini membuat pihak guru dan siswa SMK Budi Karya Natar Lampung Selatan terbuka akan perkembangan teknologi informasi yang sudah menjadi tuntutan zaman terkhusus untuk bidang pendidikan.