Universitas Teknokrat Kunjungan Industri dan Kerjasama Dengan PT GGP Divisi LOB

Foto Ist
Foto Ist

Universitas Teknokrat Indonesia Kunjungan ke Liquid Organic Biofertilizer factory, dalam kunjungan ini tim mempelajari proses pembuatan pupuk, teknologi yang digunakan dan prospek kerja di bidang teknik elektro.


Tim Inovasi Mahasiswa Teknik Elektro terdiri dari Yudha Arya Pranata dengan Pembimbing Bapak Achmad Jayadi, Mcs.(Dosen Prodi Informatika) dan S.Samsugi, M.kom., (Dosen Prodi Teknik Komputer).

Tim TE ingin mengetahui bagaumana cara pembuatan kaleng dan tutup kaleng, pembuatan drum untuk penampungan olahan nanas hingga pelabelan dalam pengemasan berbagai jenis nanas dari ukuran kecil, sedang dan besar yang akan di ekspor di berbagai negara.

Dalam kunjungan ini tim mempelajari proses pembuatan kaleng kemasan, teknologi yang digunakan serta prospek kerja dibidang teknik elektro.

LOB atau Liquid Organic biofertilizer adalah suatu perusahaan yang bekerja pada pada sektor pembuatan pupuk dengan menggunakan mikrobakteri yang didapatkan pada tanah-tanah tertentu yang dikumpulkan dan dikembangbiakkan pada tabung fermentasi.

Pengembangbiakan mikroba dilakukan dengan memberikan beberapa komponen penting diantaranya unsur gula, fishmeal, protein dan unsur-unsur lain yang mendukung dalam perkembangbiakan bakteri.

Besamaan dengan hal tersebut, dilakukan pula proses homogenisasi yang dilakukan dengan menggunakan mesin shaker orbital (untuk skala kecil) dan mesin shaker horizontal (dalam skala besar).

Inovasi Mahasiswa yang diterapkan di industri di PT GGP yaitu Alat Pemantau Volume Pupuk Cair Dengan Protokol MQTT Pada Tangki Fermentor. Inovasi ini telah digunakan sejak bulan September 2022di 2 Tanki Fermentor LOB GGF.

Riset drone bersama tim RnD PT GGP merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh tim dosen dan mahasiswa teknik elektro universitas teknokrat indonesia, dalam riset ini, tim TE UTI berkesempatan untuk mencoba mengulik drone sprayer milik PT GGP. Drone ini rencananya digunakan untuk menyemprotkan pupuk maupun pestisida dari atas tanaman.