Usai Didemo, Pemkot Klaim Bayar Tunggakan Gaji Petugas Kebersihan Hari ini

Plt Kepala BPKAD Bandar Lampung, Muhammad Ramdhan/Tuti
Plt Kepala BPKAD Bandar Lampung, Muhammad Ramdhan/Tuti

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung berencana segera mencairkan gaji petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang tertunggak selama sebulan pada tahun 2021.


Plt Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bandar Lampung, M Ramdhan mengatakan hari ini gaji petugas kebersihan akan dibayar. 

"Hari ini dibayarkan, harapannya kalau itu selesai kerjanya benar. Jangan mengungkit masalah kemana-mana," kata M Ramdhan, Senin (30/5). 

Telah disiapkan dana sebesar Rp1,8 miliar untuk membayarkan gaji petugas kebersihan DLH yang tunggak sebulan. Menurutnya, untuk gaji honorer lainnya akan dibayarkan secara bertahap. 

"Baru DLH satu-satunya yang selesai, padahal yang lain juga pingen dibayarkan, tapi itu tadi kembali ke keuangan kita, semua kita selesaikan," jelasnya. 

Lanjutkan, keterlambatan pembayaran gaji petugas kebersihan terjadi karena keuangan Pemkot Bandar Lampung tidak hanya difokuskan untuk itu, namun masih banyak kebutuhan lain yang juga mendesak. 

"Intinya sih bukannya kita tidak mau bayar, tapi dilakukan secara bertahap. Toh akhirnya selesai juga," ujarnya. 

Sebelumnya, puluhan petugas kebersihan Kota Bandar Lampung kembali menggelar aksi guna menuntut sebulan upah yang tertunggak pada 2021 di Tugu Adipura, Minggu (29/5).

Massa aksi menuntut Pemkot Bandar Lampung membayar tunggakan upah yang tersisa satu bulan. Meminta Pemkot Bandar Lampung mendaftarkan seluruh petugas kebersihan ke BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan.

Lalu menuntut menjamin keamanan dan keselamatan kerja bagi seluruh petugas kebersihan dan meminta untuk menghentikan intimidasi terhadap petugas kebersihan yang memperjuangkan nasibnya.